Skip to content
Tags

, ,

Bus Air (Sang Penjelajah Sungai Barito (Media Kalimantan)

July 5, 2012

 “Bus Air” Sang Penjelajar Sungai Barito

 Trasportasi masal di sungai Barito bertingkat “Bus Air” Kalsel-Teng memang sekarang sudah mulai kurang populer. Tapi jangan salah, kapal penumpang penjelajah sungai terpanjang di Asia ini masih ada beroprasi hingga sekarang, namun memang hanya tersisa beberapa sajanya lagi, seperti yang masih terlihat di Dermaga Banjar Raya, Banjarmasin Barat.

Sebelum di bangunnya jalan tras Kalimantan hingga menghubungkan jalan darat Provinsi Kalsel dan Kalteng, bus air menjadi salah satu pilihan warga untuk trasportasi perjalanan jauh. Di sungai Barito dan Martapura, dulunya bus air selalu memberikan jasa perjalanan panjang melalui berbagai daerah pinggiran sungai hingga sampai ketujuan.

Puluhan tahun berlalu, transportasi darat mulai mendominasi, memberikan jasa tumpangan kesegala tujuan. Bus air  pun kalah bersaing. Akhirnya banyak yang gulung tikar. 

Untungnya tidak semua, masih ada tiga bus air yang beroprasi, satu melayani perjalanan Banjarmasin-Muara Teweh (KM Pancar Mas II). Dan duanya Banjarmasin-Puruk Cahu (KM Delta Barito dan KM Bahtera Barito).

Menurut Nahkoda Bus Air Pancar Mas II jurusan Banjarmasin-Muara Teweh M Yusran, bus air yang dikemudiakannya ini hanya bisa beroprasi sekali seminggu untuk pulang pergi. “Jadual kita dari Banjarmasin ke-Muara Teweh setiap hari Senin sekitar pukul 13.00 Wita berangkat, datang ke-Muara Teweh sekitar hari Rabunya sekitar pukul 08.00 wita,” ucapnya.

Menurutnya, sehari di Muara Teweh, Kamisnya berangkat lagi ke-Banjarmasin membawa penumpang dan barang dan datangnya ke-Banjarmasin sekitar hari Jumatnya. “Jadi kalau berangkatnya Banjarmasin ke-Muara teweh itu kita sekitar 2 hari, namun pulangnya Muara Teweh-Banjarmasin hanya sekitar satu hari. Sebab pulangnya itu kita tidak melawan arus sungai lagi,” jelasnya.

Dikatakannya, kapal yang dinahkodainya itu bermuatan sekitar 60 ton dengan penumpang sebanyak 165 orang termasuk awak kapal. “Sekarang yang cukup banyak penumpangnya saat hari-hari libur misalnya lebaran, kalau hari lain biasa-biasa aja” ujar Yusran yang sudah mengaku jadi nahkoda bus air sekitar 20 tahunan tersebut.

Rute perjalanan bus yang dinahkodainya tersebut, ungkap Yusran, adalah menyusuri sungai Barito, yakni, dari dermaga Banjarmasin Raya terus kesimpang sungai Barito, melewati Pos Ujung Panti, Marabahan, Kuripan masuk daerah sungai di Kalteng daerah Jinamas, Bontok hingga ketujuan akhir di Muara Teweh. “Kita selalu singgah disetiap pos-pos itu, biasa ada penumpang yang naik, ada pulang yang turun,” ucapnya.

Dikatakn Yusran, mengemudi bus air tersebut bukan pekerjaan mudah, seperti supir-supir bus di daratan, supir bus air atau lebih akrabnya nahkoda bus air juga harus memiliki SIM. “Tapi SIM kita tidak seperti di daratan yang misalnya ada SIM A atau SIM B, SIM kita, ya, SIM kecakapan mengemudi kapal saja lah yang dikeluarkan Dishub,” jelasnya.

Namun, aku Yusran, waktu jaman syeh Bandar dulu, SIM yang dimilikinya itu SIM seumur hidup mengemudiakan kapal. Tapi sekarang peraturannya harus diperpanjang setiap 5 tahun sekali.

Menurutnya, pengalamannya menjadi awak kapal bus air ini memang sudah cukup lama hingga berpuluh-puluh tahun lamanya. Selain di KM Pancar Mas II ini, dirinya juga pernah di KM lainnya. “Dulunya bus air trayek jurusan Banjarmasin-Muara Teweh ini sekitar sepuluh buah, kalau Banjarmasin-Puruk Cahu lebih banyak lagi,” ucapnya mengenang.

Menurutnya lagi, dulunya juga dermaga bus air ini tidak di sini tapi di dermaga Taman Sari, baru sekitar 1992 pindah kedermaga Banjar Raya ini. “Sekarang kondisinya beginilah, tidak semeriah dulu lagi, sekarang orang lebih memilih angkutan darat yang lebih cepat, kami kebanyakan kebagian penumpang yang memang tidak tahan jalan jauh pakai mobil saja lagi, jadi sekarang memang sudah sulit,” keluhnya.(sukarli)

Gambar

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: