Skip to content
Tags

Cukup Modal Timbangan Dirikan Bank Sampah

July 13, 2012
Cukup Modal Timbangan Dirikan Bank Sampah

BANJARMASIN, MK- Program bank sampah di wilayah Banjarmasin terus digalakkan. Hingga kini sudah ada 20 bank sampah, dan akan bertambah lagi 10 bank sampah dalam waktu dekat ini. Sehingga target mencapai 50 bank sampah berdiri di lingkungan masyarakat tahun optimis bisa terlaksana.

Rasa itu diungkapkan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin Rusmin Ardhaliwa. “Karena masyarakat sekarang sudah banyak yang menyadari akan bernilai ekonominya sampah kalau ada bank sampah di lingkungannya. Sehingga akan banyak daerah yang berminat pula mendirikannya,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Contoh daerah yang sudah merasakan manfaat adanya bank sampah ini yakni Kelayan Dalam. Selain bisa memberikan tambahan penghasilan rupiah bagi anggota atau nasabahnya, lingkungan mereka juga terjaga kebersihannya. “Dan langkah mereka ini sangat membantu menanggulangi masalah sampah yang sulit tuntas di daerah kita,” bebernya.

Sementara itu, Kunsultan Pemberdayaan Bank Sampah di Banjarmasin Fathurrahman menyatakan sangat mudah bagi masyarakat yang beminat mendirikan bank sampah ini di wilayahnya. Bahkan pihaknya sangat bersedia memberikan pengarahan langsung kemasyarakat. “Cukup 10 atau 15 warga anggota, akan kita beri pelatihan mereka, bahkan bisa kita launching langsung kepengurusan berdirinya bank sampah di wilayah itu,” ujar pria yang juga menjadi Ketua PWI Kalsel tersebut.

Menurut Atui, panggilan akrabya, warga hanya istilahnya kalau sudah ada kemauan kuat itu cukup bermodal timbangan, sudah bisa jalan. “Bahkan kalau sudah bisa beroprasi lancar dana bantuan bisa mereka dapatkan,” paparnya.

Dia juga mencontoh sejumlah bank sampah yang cukup berhasil dan menghasilkan pendapatan rupiah yang cukup menggiurkan. “Ada yang omsetnya Rp 500 ribu perbulan, Bahkan bank sampah di wilayah Pandu itu omsetnya sudah mencapai Rp 1,2 juta perbulan,” bebernya.(sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: