Skip to content
Tags

Jangan Coba Ajukan Proposal Fiktif

July 13, 2012

Jangan Coba Ajukan Proposal Fiktif

BANJARMASIN, MK- Kapala Bagian Kesra Setdakot Banjarmasin Drs Kurnadiansyah memastikan tidak ada celah bagi proposal fiktif menguras dana bantuan sosial dan hibah Pemkot Banjarmasin sekarang ini. Sebab pengeluaran dana sosial dan hibah jalur Kesra mendapat seleksi ketat.

“Jadi jangan coba-coba membuat proposal fiktif menyerahkan kepada kita, sebab ada tim verefikasinya,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (13/7) kemarin.

Menurut Kurnadiansyah, tim verifikasi itu adalah tim verifikasi Bansos dan Hibah Anggaran APBD Kota Banjarmasin atas amanah Permendagri 39 tahun 2012 yang dikuatkan Perwali 2012.

Dikatakannya, tim itu anggotanya tidak hanya dari Kesra, namun juga Infektorat, Bagian Hukum, Badan Keuangan, Bappeda Kota, Sekdakot, dan Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi.

Tim ini, katanya, melakukan verifikasi keabsahan proposal itu dengan turun langsung melihat objek yang dimintakan bantuannya, sehingga bantuan yang dikeluarkan benar-benar tepat sasaran. “Jadi hasil verifikasi tim itulah yang menjadi sandaran dianggarkannya bantuan,” jelasnya.

Sebagaimana peraturannya, kata Kurnadiansyah, bansos dan hibah harus dianggarkan dahulu baru dikeluarkan. “Sekarang inikan masuk proposal tahun ini, baru dikucurkan tahun akan datang,” bebernya.

Untuk tahun ini, kata Kurnadiansyah, dan bansos dan hibah yang disediakan Pemkot Banjarmasin sekitar Rp 2 miliar. “Sebagian sudah dikucurkan, sebagian lagi masih tahap proses,” ucapnya.

Menurutnya, dana tersebut tidak dipegang Kesra, melainkan prosesnya di Badan Keuangan. “Sekarang ini bantuan juga dikucurkannya lewat rekening, jadi harus punya rekening,” paparnya.

Menurutnya, jika bantuan sosial atau hibah yang dikeluarkan Pemkot itu nominalnya sampai Rp 35 juta harus atas persetujuan Walikota, batas Rp 25 juta cukup persetujuan Wakil Walikota, dan Rp 20 juta persetujuan Sekdakot.

“Ketelitian mengeluarkan bansos dan hibah ini bertujuan agar tepat sasaran tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: