Skip to content
Tags

Sampah Kayu Serbu Sungai Banjarmasin

July 13, 2012

Sampah Kayu Serbu Sungai Banjarmasin

BANJARMASIN, MK- Kondisi sungai Martapura di Banjarmasin benar-benar parah diserbu sampah kayu dan lain sebagainya yang menjadi satu. Kondisi yang paling parah tumpukan sampah itu terlihat di bawah jembatan Pasar Lama. Akibatnya, transportasi sungai tidak bisa melewatinya. Dan itu berlangsung seharian pada Jumat (13/7) kemarin.

Menurut salah seorang penduduk di sana, Amat, sampah-sampah itu terus berdatangan dari hulu sungai entah dari mana. Dan kondisi parah sampah yang tersangkut  sekarang ini di bawah jembatan sudah sejak pagi tadi. Hingga kelotok atau jukung (sampan) harus bersusah payah kalau hendak melewatinya. “Sampahnya terus bertambah,  kabarnya sungai Martapura baah. Dan hingga kini belum terlihat ada yang hendak membersihkannya,” ujarnya kepada wartawan.

Dengan tidak adanya pembersihan sampah sungai tersebut, salah seorang pemilik kelotok, Ibrahim sangat mengeluhkan kondisi tersebut. Namun harus bagaimana lagi, karena tuntutan harus cepat sampai ditujuan. Dia pun bersama teman-temannya berlahan  mencoba menerobos luasnya areal sampah itu. “Terpaksa kita sedikit demi sedikit menyisihkan sampah ini untuk bisa lewat,” ujarnya.

Sebab, katanya, kalau harus menunggu adanya orang atau pihak pemerintah kota yang membersihkannya tentunya akan sangat lama. “Kalau kami berdiam saja tanpa mencoba berusaha melewatinya, bisa nginaf di sini kami,” ucapnya.  

Sementara itu, Kepala Dinas Sumberdaya Air dan Drainase Kota Banjarmasin Ir Muryanta belum bisa dihubungi terkait adanya masalah di sungai Banjarmasin ini. Pasalnya, dia masih menjalankan ibadah umroh bersama rombongan Walikota Banjarmasin H Muhidin. (sukarli)

Gambar

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: