Skip to content
Tags

Belum Ada Tambahan e-KTP Selesai Cetak

July 19, 2012

Belum Ada Tambahan e-KTP Selesai Cetak

BANJARMASIN, MK- Setelah ada dibagikan kepada warga sebanyak 10.343 e-KTP selesai cetak, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin Rachmah Norlias menyatakan belum ada tambahan lagi di luar jumlah itu. “Ya, belum ada kiriman tambahan e-KTP selesai cetak untuk daerah hingga kini,” ujarnya sebelum akan melaksankan ibadah umrah belum lama tadi.

Menurutnya, trakhir pusat ada mengirimkan e-KTP yang sudah selesai cetak untuk warga Kota Banjarmasi pada Juni lalu sebanyak dua kali kirim yang jumlah keseluruhannya sebanyak 10.343 keping. “Kalau pusat ada mengirimkan lagi nantinya tambahan langsung kita bagikan lewat kecamatan masing-masing,” ucapnya.

Dikatakannya, e-KTP yang sudah selesai cetak itu sudah diserahkan kemasing-masing kecamatan untuk dibagikan kemasyarakat. “Namun jumlahnya tidak sama,  satu kecamatan
berbeda-beda mendapatkannya,” tuturnya.

Yakni, ucap Rachmah, untuk Banjarmasin Timur mendapat sebanyak 2.597 keping, Banjarmasin Barat sebanyak  5.099 keping, Banjarmasin Tengah sebanyak 950 keping, Banjarmasin Utara 100 keping dan Banjarmasin selatan 1.597 keping.
“Untuk Banjarmasin Utara pada tahap tiga pembagian ini memang belum ada tambahan dan baru sekitar 100 keping,” terangnya.
           
Dengan demikian, ungkap Rachmah, karena hingga pertengahan bulan Juli ini belum juga ada tambahan e-KTP selesai cetak, mka e-KTP warga yang belum selesai berjumlah kurang lebih   306 ribu keping lagi.

Sebagaimana yang diketahui, ucap Rachmah, pembagian e-KTP selesai cetak warga tidak lagi diberitahunya lewat undangan, melainkan namanya ditempelkan di tempat pengumuman di kecamatan masing-masing.
           
Prosedur pengambilan, kata Rachmah, warga harus membawa e-KTp lama untuk ditukar dengan
e-KTP yang baru. Dalam hal ini juga, e-KTP tersebut kembali akan dicek atau dicocokkan kembali dengan e-KTP lama. Jika NIK e-KTP yang baru dengan yang lama memiliki data yang sama, maka akan diberi tanda lubang bahwa dia sudah menggunakan identitas kependudukan e-KTP.
“Jika misalnya ada ketidaksamaan data terutama NIK KTP yang dulu dengan NIK e-KTP,
maka Dispencapil tidak akan menyerahkan dan melakukan pendataan baru,” tuturnya.
           
Rachmah menjelaskan, bentuk e-KTP ini tidak berbeda dengan e-KTP yang lama. Hanya saya pada e-KTP ini memiliki data yang dapat diaksis online seluruh Indonesia dengan computer khusus. “Dari belakang keping e-KTP ini juga memiliki halogram yang menyimpan data si pemilik,” pungkas Rachmah. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: