Skip to content

Disbudparpora Pastikan Pasar Wadai Meriah

July 19, 2012

Disbudparpora Pastikan Pasar Wadai Meriah

BANJARMASIN, MK- Sebagai salah satu andalan objek wisata Kota Banjarmasin setiap bulan Ramadhan, Pasar Wadai Ramadhan di Jalan S Parman atau depan Kantor Gubernur Kalsel dipastikan akan berlangsung meriah. Pasalnya Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Banjarmasin menyatakan sudah menyiapkan sejumlah pergelaran di sana.

Diungkapkan, Kepala Dinas (Disbudparpora) Kota Banjarmasin Norhasan, bahwa akan ada pertunjukan pergelaran-pergelan musik dan seni yang semuanya bernuansa islami ditontonkan di sana untuk pengunjung. “Pembukaan event pasar wadai hari pertama bulan Ramadhan,” ucapnya kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, pembukaan itu akan langsung dilakukan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin dan Walikota Banjarmasin H Muhidin. “Berbagai pertunjukan seni seperti hadrah, rebbana, dan lagu banjar akan kita tampilkan menyambut pembukaan resminya itu,” ucap Norhasan.

Dia juga memastikan tidak akan menggunakan tenda milik sponsor tahun ini, sebab sudah didesain lokasi pasar itu dengan ornament khas tradisional daerah Banjar. “Liat saja, sekarang lokasi itu dibuat dengan menggunakan atap terbuat dari daun (rumbia),” bebernya.

Menurut dia, kendati tanpa menggunakan tenda sponsor, namun pihaknya tetap mengizinkan salah satu sponsor yakni Bank Kalsel, untuk pembuatan dan mendisaian pintu gerbang masuk dan keluar lokasi pasar tersebut. “Tetapi itu dibagian gerbangnya saja, kalau tenda kita tidak gunakan lagi,”
imbuhnya.

Dikatakan Hasan, meski tanpa tenda, namun pihaknya akan tetap memfasilitasi para PKL yang akan berjualan dilokasi tersebut. “PKL itu selain 140 pedagang wadai, yang sudah terdaftar,” jelasnya.

Dia mengatakan, sebanyak 140 buah lapak sudah dibangun di sepanjang jalan itu oleh Persatuan Pedagang pasar wadai Ramadhan yang biasa setiap tahun mengisi stan di sana.

Sementara, Pemko Banjarmasin  hanya akan menjadi pasilitator bagi sarana lain di lokasi pasar itu, seperti pembangunan gapura atau pintu masuk selamat datang. “Termasuk juga membangunkan sambungan air PDAM di sana,” ucap Hasan.

Diperkirakan, satu lapaknya pasar wadai Ramadhan di jalan Sudirman itu
sekitar Rp 600 ribu. “Itu sudah termasuk retribusi kebersihan, keamanan,
air bersih, dan listrik selama satu bulan di sana,” ungkapnya.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: