Skip to content
Tags

,

Kemanag Kalsel Tak Melihat Hilal

July 19, 2012

Kemanag Kalsel Tak Melihat Hilal

BANJARMASIN, MK- Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel menggelar rukyatul hilal di lantai atas gedung Bank BPD Kalsel di jalan RE Martadinata, Kamis (19/7) kemarin untuk memastikan jatuhnya 1 Ramadhan 1433 Hijriah. Kesimpulannya, Kamanag Kalsel menyatakan tak melihat sama sekali hilal tanda dimulainya berpuasa besok hari.

Menurut Penanggungjawab Kegiatan Rukyatul Hilal, Kabid Urusan Agama Islam Kamanag Kalsel Drs H Muhammad Ilyas, cuaca mendung dengan awan tebal cukup menghalangi pandangan untuk melihatnya, selain itu posisi bulan juga masih berada diatas 1,12 derajat 86 detik.

Sehingga, lanjutnya, tak mungkin dapat dirukyat pada pukul 18.27 Wita sore tadi. Terkecuali posisi bulan itu berada di atas 12 derajat baru bisa terlihat. “Keyakinan kita tidak melihatan hilal ini sudah kita sampaikan kepusat,” ujarnya kepada wartawan.

Dengan demikian, katanya, warga Nahdiyyin Kalsel tinggal menunggu sidang isbat di Kementerian Agama terkait penetapan 1 Ramadhan 1433 Hijriah ini.

Disampaikannya, kegiatan pemantauan hilal ini yang langsung dipimpin Kepala Kamanag Kalsel KH Abdul Halim tersebut juga dihadiri dari MUI Kalsel, Kamanag Kota Banjarmasin, puluhan Mahasiswa IAIN Antasari, dan sejumlah Ulama, ditambah Mahasiswa dari Poliban Unlam. “Jumlah teleskop tiga unit, dari Kamanag, IAIN, dan Poliban,” tuturnya.

Rangkayan kegiatan rukyatul hilal ini, katanya, dimulai sejak pukul 17.45 Wita, dengan menggelar acara siremonial terlebih dahulu sebelum semuanya menyaksikan langsung pantauan untuk melihat bulan. “Tahun lalu kita juga melaksanakan rukyatul hilal di gedung BPD Kalsel ini,” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: