Skip to content

Pemkot Kunjungi Gudang-Gudang Penyimpanan Bahan Pokok

July 19, 2012
Pemkot Kunjungi Gudang-Gudang Penyimpanan Bahan Pokok
 Gambar
Memastikan Sembako, gas Elpiji, dan BBM Aman Stoknya Selama Ramadhan
 
BANJARMASIN, MK- Untuk memastikan ketersedian bahan-bahan pokok seperti sembako, gas elpiji, dan BBM aman selama Ramadhan ini, Pemkot Banjarmasin dan Tim Penanggulangan Invelasi Daerah (TPID) melakukan kunjungan kegudang-gudang penyimpanan bahan pokok sekalian memonitoring harganya.
Menurut Ketua TPID yang merupakan Asisten II bidang Pembangunan dan Ekonomi Setdakot Banjarmasin Bambang Budianto, monitoring harga dan ketersediaan sembako, gas elpiji, dan BBM langsung dipimpin Wakil Walikota Banjarmasin Irwan Ansari. “Dari hasil monitoring kita hari ini, ketersediaan sembako, gas elpiji, dan BBM relatif aman untuk Ramadhan ini di daerah kita,” ujarnya kepada wartawan.
Dipaparkannya, monitoring diawali dengan kunjungan keagen elpiji 3 Kg Citra Usaha Prima di Jalan RE Martadinata, ketersediaan gas elpiji 3 Kg di sana masih sangat mencukupi untuk keperluan masyarakat di wilayah jangkauannya.
Bahkan sang agen di sana, paparnya, telah menyatakan kesepakatan untuk penjualan gas elpiji 3 Kg kemasyarakat sesuai HET (Harga Eceran Teratas) Rp 14 ribu pertabungnya, untuk pangkalan pengecer Rp 15.500 pertabungnya. “Moga semuanya mematuhi kesepakatan ini, tidak ada yang sekehendaknya menaikkan harga,” ucap Bambang.
Selanjutnya, kata Bambang, pihaknya melakukan kunjungan  kegudang gula, tepung dan minyak goreng di Jalan Belitung Darat, milik H Aftahuddin.  “Menurut pemilik gudang, bahwa stok yang mereka punyai sekarang ini sebanyak 8.000 ton untuk ketersedian gula, yakni, 6.000 ton jenis gula lokal  dan 2.000 ton jenis gula rapinasi,” paparnya. Bahkan, sambungnya, gudang itu akan menyediakan 1.000 ton lagi untuk memenuhi operasi pasar Ramadhan nanti,” bebernya.
Tidak hanya gudang, Kata Bambang, harga kebutuhan pokok juga pihaknya monitoring di pasar tradisional, yakni, di pasar Kalindo. Dari hasil pantauan di pasar itu, ungkapnya, pada dasarnya harga sembako di pasaran ada yang masih stabil adapula  yang mulai menjolak. Misal, bawang putih, daging sapi, ayam ras dan ayam petelur, serta cabe merah tiung yang harganya mulai melonjak.
“Dari penuturan pedagang yang kita temui, katanya sudah empat hari ini harga sejumlah bahan pokok sembako itu naik, seperti harga daging sapi yang mulaianya Rp 75 ribu perkilogram menjadi Rp 80 ribu. ya, karena stok mulai kosong,” papar Bambang menirukan pembicaraan para pedagang.
Setelah pasar, Kata Bambang, pihaknya pun juga memonitoring Terminal BBM Banjarmasin di Kuin Cerucuk, sama untuk memastikan ketersediaannya aman di bulan Ramadhan ini. “Kalau BBM dipastikan Pertamina distribusinya akan tetap stabil,” ujarnya.
Terkait kunjungan itu,  Wakil Walikota Banjarmasin Irwan Anshari berharap para spekulan tidak bersikaf seenaknya dengan mengambil keuntungan besar memanfaatkan bulan Ramadhan ini. “Jang terlalu besar lah mengambil keuntungan, harus tetap disesuaikan dengan kemampuan masyarakat membelinya,” pesan Irwan.
Jika sampai terjadi gejolak harga di pasaran, baik sembako, gas elpiji, dan BBM, kata Irwan, Pemkot pastinya akan mengkoordinasikannya dengan pihak-pihak terkait.  “Kalau diperlukan, kita siap melakukan operasi pasar,” pungkas Irwan. (sukarli)
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: