Skip to content

Banjarmasin Sudah 45 Kali Diamuk Si Jago Merah

July 22, 2012
Banjarmasin Sudah 45 Kali Diamuk Si Jago Merah
 
BANJARMASIN, MK- Kota Banjarmasin memang belum aman dari si jago merah, buktinya, baru pertengahan tahun ini, sudah 45 kali diamuk kebakaran. Di minggu ini saja, sudah terhitung 8 kali terjadi kebakaran. “Ini harus menjadi perhatian kita semua, selalu lah waspada sekecil apapun yang bisa menyebabkan kebakaran,” pesan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kebakaran Banjarmasin Drs M Helmi, kepada wartawan, Selasa (26/6) kemarin.
Menurutnya, di musim kemarau ini, musibah kebakaran sangat rawan terjadi, sehingga kewaspadaan masyarakat perlu ditingkatkan. “Jumlah yang terhitung terjadinya kebakaran itu belum lagi yang hampir terjadi dapat ditangani msyarakat,” ucapnya.
Dia mengharapkan tahun ini musibah kebakaran di daerah ini tidak sama banyaknya dari tahun lalu yang sangat banyak menghanguskan harta benda, bahkan sampai menghilangkan nyawa. “Pada 2011 lalu terjadi kebakaran sebanyak 97 kali, moga tidak terjadi lagi sebanyak itu,” ungkapnya.
sebagai upayanya, lanjut Hilmi, pihaknya kini sangat rajin turun kelapangan untuk melaksanakan penyuluhan kebakaran kemasyarakat. “Yang kita beri penyuluhan kebanyakan para ibu rumahtangga,” terangnya. Kenapa? Sambungnya, karena ibu rumahtanggalah yang sering berada di rumah, dan mereka harus bisa cepat tanggap terhadap bahaya kebakaran ini.
“Kita simulasikan bagaimana mengani api yang bisa menyebabkan kebakaran besar, mereka diminta jangan panik, dan segera dapat bertindak,” ucapnya.
 
Dikatakan Helmi, ada sekitar 80 petugas kebakaran yang ditugaskan untuk melakukan penyuluhan-penyuluhan kebakaran itu kesetiap kelurahan, namun karena dana sosialisasi itu minim, maka tidak bisa menjangkau 52 kelurahan yang ada. “Yang kita utamakan sementara ini daerah yang padat penduduknya,” ungkap Hilmi.
 
Menurutnya, jumlah petugas pemadam kebakaran di Banjarmasin yang sangat besar di Indonesia yakni sekitar 7.000-an dengan armada pemadam kebakaran sebanyak 402 unit termasuk yang di sungai, jangan disebut sudah menjamin bisa memberi aman bagi rumah warga dari musibah kebakaran.
 
 “Kalau ketanggapan petugas-petugas kebakaran di daerah kita ini dalam sumbangsihnya membantu penanganan musibah kebakarang memang diakui sudah sangat luar biasa. Tapi yang bisa menghindarkan musibah itu hanya kita sendiri, bagaimana menjaga harta benda dan nyawa keluarga selamat dari itu,” pungkasnya. (sukarli)
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: