Skip to content
Tags

,

“Banjarmasin Terbuka Tambah Mall Lagi”

July 22, 2012
“Banjarmasin Terbuka Tambah Mall Lagi”
BANJARMASIN, MK- Walikota Banjarmasin H Muhidin menyatakan tidak akan membatasi investor yang berminat menanamkan modalnya di daerah ini. Termasuk membuka peluang sebesar-besarnya pembangunan pusat perbelanjaan modern seperti mall bertambah lagi di Kota Seribu Sungai ini. “Banjarmasin terbuka tambah mall lagi,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (26/6) kemarin.
Dia menyakini, pertambahan mall lagi di daerah ini tidak akan mempengaruhi pasar-pasar tradisional di sekitarnya, sebab sudah ada jalan rizkinya masing-masing. “Saya menyakini, walaupun tiga mall ada di daerah kita ini tidak mempengaruhi eksistensi pasar tradisional kita,” yakinnya.
Melainkan, katanya, akan lebih meningkatkan prekonomian daerah dengan banyaknya investor masuk, dan pendapatan daerah juga akan bertambah. “Terlebih, bisa mengurangi jumlah pengangguran di daerah kita ini, karena peluang kerjanya sangat besar dengan adanya mall ini,” paparnya.
Demikian juga sector perhotelan, kata Muhidin, Pemkot tetap membuka ruang bagi investor untuk menanamkan modalnya untuk membangun hotel lagi di daerah ini. “Pokoknya kita beri peluang terus bagi investor yang berminat di sini mengembangkan usahanya, asal jangan yang luput dari aturan saja, seperti membangun diskotek lagi, sudah tidak kita izinkan lagi,” tegasnya.
Menurut Muhidin, investor bisa membangun usaha apa saja di sini dan di mana saja lokasinya, namun tetap mengacu pada rancangan RTRW (Rancangan Tata Ruang Wilayah) Kota Banjarmasin. “Asal jangan membangunnya di wilayah jalur hijau saja,” tuturnya.
Tempat yang masih ditawarkannya bagi investor, yakni, wilayah 4,2 hektar RTH Kamboja di jalan HA Adnansi. Di wilayah itu, kata Muhidin, sekitar 2 hektarnya bisa dijadikan lahan komersil bagi perekonomian selain ruang terbuka hijau (RTH). “Namun dengan syarat wilayah itu bisa digunakan, dia harus membebaskan bangunan-bangunan yang ada di sana, juga membantgu pembangunan RTH juga,” tekannya.
Selain wilayah yang disebutkannya tadi, Muhidin juga menawarkan bagi investor lahan Marla alias lana Pelabuhan Martapura Lama milik PT Pelindo III Banjarmasin di jalan RE Martadinata. “Namun tentunya kalau ingin menggunakan wilayah itu harus berkoordinasi dengan PT Pelindo III, kita Pemkot mendukung saja,” tuturnya.
Muhidin menyatakan, Banjarmasin yang menuju sebagai Kota Metropolitan tentunya harus terbuka terus bagi para usahawan yang ingin membangun kota ini dengan usahanya. Sebab, ini kesempatan emas bagi banjarmasin untuk meningkatkan perekonomian dan pendapatan daerahnya yang memang hanya bersumber dari sektor jasa dan perdagangan.  “Kita memang tidak banyak pilihan seperti daerah lainnya yang kaya akan hasil buminya, peningkatan ekonomi daerah di sector jasa dan perdagangan merupakan satu-satunya cara meningkatkan PAD,” pungkasnya. (sukarli)
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: