Skip to content

Gubernur Buka Pasar Wadai Sudirman 2012

July 22, 2012

Gubernur Buka Pasar Wadai Sudirman

Ribuan Warga Langsung Menyerbu

BANJARMASIN, MK- Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin membuka Pasar Wadai di Jalan Sudirman yang dihelat Pemkot Banjarmasin, Sabtu (21/7) kemarin. Ribuan warga langsung menyerbu untuk mencari beragam menu berbuka puasa yang tersedia di pasar Ramadhan tahunan itu.

Ada sekitar 140 lapak dagangan yang menyrdiakan menu berbuka puasa baik lauk pauk, wadai, dan minuman khas Banjar. Pasar itu makin jejal karena sekitar 70 PKL juga ikut berjualan mencari rizki di sana.

Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin mengatakan, pasar wadai di jalan Sudirman ini merupakan pasar wadai terbesar di ibu kota Kalsel khususnya, dan ini masuk menjadi andalan objek pariwisata Kalsel disetiap di bulan Ramadhan. “Sehingga harus terus digalakkan setiap tahunnya,” ucapnya.

Menurutnya, Pemprov Kalsel sangat mendukung langkah Pemkot Banjarmasin dalam memeriahkan Ramadhan ini dengan terus mengagendakan kegiatan pasar wadai besar-besaran seperti ini. “Kita juga sangat mendukung pasar-pasar wadai Ramadhan di lingkungan masyarakat lainnya di banua. Tapi pesan saya gelarlah secara tertib dan tidak mengganggu arus lalulintas,” ujarnya.

Menurut Gubernur lagi, ini adalah bulan yang penuh rahmat dan berkah dari Allah SWT, sehingga keberadaan pasar wadai Ramadham ini patut disyukuri bersama, terutama yang mendapat limpahan rizki karenanya. “Semoga saja kita semua mendapat Ridho Allah menjalankan perintahnya ini,” doanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Banjarmasin Norhasan mengungkapkan, bahwa kegiatan pasar wadai Ramadhan di Jalan Sudirman yang dibawah naungan pihaknya tersebut senghaja dibuat ala tradisional, dengan atap rumbia dan di dindingi tiakar purun. “Tahun ini kita senghaja buat seperti itu agar terlihat lebih kental nuansa kedaerahannya,” jelasnya.

Menurutnya, Disbudparpora akan terus memeriahkan suasana pasar wadai itu setiap harinya dengan menggelar beragam kesenian daerah bernuansa relegi. “Kita usahakan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya kegiatan di pasar wadai ini,” pungkasnya.

Terkait masalah ketertiban, Kasat Satpol PP Kota Banjarmasin Ichwan Nurkhakiq mengharapkan semuanya berjalan tertib, tidak hanya pasar Wadai di jalan Sudirman inu, namun juda di tempat lainnya. “Yang terpenting jangan mengganggu ketertiban lalulintas kegiatannya,” pasan Ichwan. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: