Skip to content
Tags

Kecewa PNS (Masih) Ada Bolos di Pasar

July 29, 2012

Kecewa PNS (Masih) Ada Bolos di Pasar

BANJARMASIN, MK-  Wakil Walikota Banjarmasin H Irwan Ansari mengaku kecewa mendengar informasi  bahwa masih ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Banjarmasin yang suka bolos dan keluyuran di pasar-pasar. Menurut dia, itu bukan menunjukkan abdi Negara yang baik.

“Jelas PNS yang keluyuran di saat jam kerja itu melanggar peraturan, apalagi dalam keadaan berseragam  dinas, saya harap jangan ada lagi pencorengan nama baik abdi Negara kita ini,” pesannya lewat wartawan, kemarin.

Menurutnya, PNS bolos kerja itu melanggar disiplin kepegawaiaan negeri sesuai PP 53 tentang disiplin PNS, dan pasti akan ada sanksinya. “Saya minta instansi terkait menindak pegawainya yang suka bolos,” tekannya.

Sebab dia menyesalkan kalau sampai kebenaran informasi bahwa pegawai berbaju dinas masih terlihat berkeliaran di pasar-pasar di saat jam kerja. Sebab di bulan Ramadhan ini, jam kerja PNS sudah mendapat pemotongan, biasa pulang pukul 16.00 Wita, sekarang saat Ramadhan dimajukan menjadi pukul 15.00 Wita.

“Jadi kalau mau beli-beli keperluan berbuka puasa atau lainnya di pasar, menurut saya masih panjang waktunya bagi pegawai kita setelah pulang kerja itu,” paparnya.

Irwan meminta, para PNS mematuhi peraturan yang melekat di dalam dirinya sebagai abdi Negara yang disumpah. Yakni semaksimal mungkin melayani masyarakat. “Jangan ada berkurang sedikitpun, kalau perlu ditingkatkan semaksimal mungkin pelayanan untuk masyarakat,” tutupnya.

Kepala BKD dan Diklat Kota Banjarmasin Achmad Husaini mengingatkan, sanksi yang akan diberikan bagi PNS yang terbukti melanggar disiplin sesuai PP 53 tentang disiplin PNS, yakni, jika libur tanpa keterangan 1-5 hari akan diberikan teguran lisan, 6-10 hari teguran tertulis, 11-15 hari pernyataan tidak puas secara tertulis, sedangkan 15 hari keatas diberikan sanksi sedang bisa berupa penundaan kenaikan gaji berkala hingga penurunan pangkat sampai proses pemecatan sebagai PNS jika lebih dari 64 hari. “Sekarang ini jangankan mangkir kerja berturut-turut, berselang-selang hari juga bakal kena sanksi, langsung berjalan komulatif setahun,” tekan Husaini.

Ditambahkannya, sepanjang tahun 2011 tadi, masih ada saja sejumlah PNS yang
mendapatkan sanksi beragam. “Ya, sampai ada yang dipecat dari PNS,” pungkasnya.(sukarli)

 

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: