Skip to content

Stop! Menggosip Di Bulan Puasa

July 29, 2012

Stop! Menggosip Di Bulan Puasa

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang suci bagi umat Nabi Muhammad SAW. Di bulan penuh rahmat ini, orang yang berpuasa diingatkan jangan mengerjakan 5 perkara yang bisa membuat pahala puasanya tidak berniali di sisi Allah SWT.

Kelima perkara itu adalah dusta, gibah (sama saja gosep), namimah (anjur atar perkataan yang tidak baik), bersumpah palsu, dan memandang lawan jenisnya dengan sahwat. Nah, yang biasa dilakukan kebanyakan perempuan pada 5 perkara yang dilarang ini adalah suka menggosip.

Ustazah Hj Raihanah, penceramah agama di Banjarmasin berpesan, ibu-ibu, stop menggosip di bulan Ramadhan ini terkecuali kumpul-kumpul membicarakan kebaikan. “Kalau menggosip orang yang tidak baik, selain pahala puasanya tak bernilai, dia juga mendapat dosa,” ujarnya.

Menurut ustazah yang tinggal di Jalan A Yani KM 4,5 Bumi Mas Komplek Bumi Jaya RT 10 no. 10 ini, menggosip atau menggibah adalah menceritakan aib orang yang kalau orang itu mendengarnya, dia akan marah. “Karena ini hubungannya dengan manusia, maka taubatnya wajib minta maaf kepada orang yang dia buka aibnya,” tegasnya.

Ustazah yang mengisi beberapa majlis ta’lim di Banjarmasin ini menjelaskan, bahwa gibah masuk perbuatan yang sangat dilaknat Allah SWT. sehingga muslim semuanya harus menghindarkan diri memperbuat dosa itu. “Apalagi kita saat puasa ini, kita harus menjaga kesucian puasa kita,” tuturnya.

Kalaupun hendak berkumpul-kumpul berteman, pesannya, hendaknya membicarakan yang baik-baik saja, atau berdiskusi tentang agama. “Memang dosa gibah ini dosa yang kadang tidak terasa, saat kita ngumpul teman-teman, dengan bercanda, kadang kurang menyadari sudah menggibah orang lain,” paparnya.

Menurutnya, berpuasa, hendaknya semua menyucikan diri dengan terus beribadah kepada Allah SWT. Demikian juga, selalu menjalin rasa persaudaraan dan kasih sayang diantara sesama. “Sebab, di bulan Ramadhan ini Allah melipat gandakan pahala kebaikan kita,” ucapnya.(sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: