Skip to content
Tags

Tujuh Titik Pembangunan Jalur IPAL Banjarmasin

July 29, 2012

Tujuh Titik Pembangunan Jalur IPAL

BANJARMASIN, MK- Pembangunan saluran Istalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Banjarmasin terus dilakukan. Ada tujuh titik jalur IPAL dengan kafasitas yang bisa melayani ribuan pelanggan.

Menurut Direktur Utama PD PAL Kota Banjarmasin Muh Muhidin, ketujuh titik IPAL sudah dibangun dan mulai melakukan pengelolaan air limbah ini,  satu di wilayah Pekapuran, yang kapasitas daya tampungnya sekitar 2.500 kubik perhari. “Instalasi ini mampu melayani 7.500 pelanggan,” ucapnya.

Dia mengakui  program IPAL di wilayah ini belum sepenuhnya dimanfaatkan masyarakat, padahal dapat sambungan gratis. “Ajukan saja permohonan, PD PAL memberikan layanan,” ungkapnya.

Titik kedua IPAL yang masih dalam tahap apriting di Jalan Lambung Mangkurat, samping DPRD Kota Banjarmasin. Di sini malah mendapat over kapasitas dari target layanan yang semula hanya 1.500 pelanggan, hingga harus ditingkatkan
menjadi 7.000 layanan pelanggan. “Saat ini masih dalam uji coba,ini proyek dari APBN,” paparnya.

Selanjutnya titik IPAL ketiga, ujar Muhidin, di Komplek HKSN dengan kapasitas bisa memberikan layanan 15.000 pelanggan. “Namun baru sekiar 2.000 pelanggan yang minta dilayani hingga tahun ini. Tapi kita tetap optimis diwilayah perumahan itu akan bisa bertambah,” paparnya.

Titik IPAL keempat, ujar Muhidin, di Lingkar Basirih Banjarmasin dengan kapastitas 2.000 kubik. Dan sekarang sudah mampu melayani 400 pelanggan.

Titik kelima, ucap Muhidin, dibangun di wilayah Sungai Andai dengan  kapasitas 3.000 kubik perhari, yang mampu memberikan
layanan 10 sampai 11 ribu sambungan rumah. “Ini proyek APBN juga, dan masih dalam pengerjaan,” ujarnya.

Selanjutnya titik keenam, katanya, di wilayah Surgi Mukti dan titik ketujuh di wilayah Sungai Jingah. “Untuk pembangunan di dua wilayah ini masih dilakukan pendekatan dengan masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakannya, Banjarmasin menargetkan pencanangan pada 2028 nanti sebagai wilayah bebas pencemaran BAB langsung di sungai dan di tanah.

“Kita harapkan dalam beberapa tahun kedepan, IPAL di wilayah kita ini terus berkembang dan bisa di manfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat,” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: