Skip to content
Tags

Waduk Dangkal, PDAM Risau

July 29, 2012

Waduk Dangkal, PDAM Risau

BANJARMASIN, MK- Kondisi Waduk Riam Kanan Kabupaten Banjar saat ini mengalami kedangkalan akibat musim kemarau telah tiba. Berkurangnya debit air di Waduk Riam Kanan itu cukup merisaukan PDAM Bandarmasih. Sebab mempengaruhi kapasitas tampung untuk air baku yang mereka ambil dari waduk itu sebagai penyuplai air bersih terbesar untuk masyarakat.

           

Direktur Utama PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin Ir H Muslih mengelukan kondisi Waduk Riam Kanan sudah mengalami krisis pendangkalan itu. Sebab, katanya, dampaknya sangat berpengaruh terhadap produksi dan kualitas air bersih. Apa sebabnya? karena  sedimentasi lumpur dan lumut di waduk menggangu proses pengambilan air baku. “Yang jelas kapasitasnya waduk semakin sedikit karena sedimentasi lumpur dan lumut sudah cukup tinggi, yang mengakibatkan kualitas air baku jadi kurang baik,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

 

Menurut Muslih, baiamanapun, ini diakibatkan karena sudah memasuki musim kemarau. Waduk yang seharusnya bisa menyimpan air cukup sebagai tabungan air baku, maka kondisi sekarang hanya lebih banyak menampung lumpur dan lumut saja.

 

“Kita berharap ada perhatian Pemerintah Provinsi untuk pemeliharaan waduk ini kedepan, karena waduk ini masuk nadi penyimpan air baku bagi masyarakat banyak. Kalau semua pihak tanpa ada perhatian, pastinya lambat laun semuanya akan mendapat dampaknya,” tutur Muslih.

           

Menurut Muslih, sejauh ini proses pemeliharaan Waduk Riam Kanan hampir belum pernah tersentuh dilakukan. Pihaknya pun, lanjut Muslih, bingung dengan status waduk yang tak jelas apakah ini bisa menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi atau pihak lain.

 

“Kalau keinginan kita,  ya provinsi yang bertanggungjawab untuk membantu pemeliharaannya,  karena kita akan lebih mudah melakukan koodinasinya,” harap Muslih.

           

Dengan demikian, papar Muslih, pihaknya berharap agar provinsi lebih tanggap lagi dengan kenyataan kondisi krisis Waduk Riam Kanan sekarang ini,  yakni dengan bagaimana dapat sesegeranya melakukan pemeliharaan agar proses pendangkalan waduk bisa teratasi. (sukarli)

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: