Skip to content

Warga Serbu Kantor Ombudsman

July 29, 2012

Warga Serbu Kantor Ombudsman

BANJARMASIN, MK- warga Komplek Kayu Bulan RT 38 Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara merasa kecewa dengan campur tangan terlalu jauh pihak Ombudsman RI Cabang Kalsel terkait kisruh kepengurusan RT di lingkungannya. Rabu (25/7) kemarin, warga pun berbondong-bondong menyerbu kantor Ombudsman di Komplek Adiyaksa jalan Hasan Basri untuk menyatakan protesnya.

Samsuri, salah seorang warga menyatakan, kedatangan mereka ramai-ramai kesini meminta Ombudsman tidak mendesak Lurah untuk mengeluarkan SK Kepengurusan RT yang tidak mereka sukai atau tidak mereka anggap lagi sesuai surat keputusan Lurah Sungai Andai yang menggugurkannya jadi RT. “Orang udah jelas bukan RT lagi, masa lurah diminta mengeluarkan SK nya oleh Ombudsman,” ujarnya kepada wartawan, Rabu kemarin.

Sehingga, katanya, Lurah seakan tertekan dan berniat mengeluarkan SK terlarang itu sampai waktu yang Ombudsman tetapkan pada 27 Juli ini. “Jelas warga sangat menolaknya, sebab warga sudah sepakat ingin pemilihan ulang kepengurusan ketua RT,” tekannya diamini puluhan warga lainnya.

Dia mengutarakan, pemilihan RT sebelumnya cacat hukum dan prosedur sesuai Perda, tidak hanya terkait domisili sang kandidat RT yang tidak mencukupi setahun di sana, namun jua terkait jumlah pemilih yang tidak sampai 50% warga, begitu juga terkait penetapan P3RT yang tanpa kesepakatan warga. “Jadi jelas sekali semuanya tidak beres kala itu. Sehingga kita minta Ombudsman membatalkan tuntutannya kepada Lurah,” tegasnya.

Terkait tuntutan warga itu, perwakilan Ombudsman RI Cabang Kalsel Supyan menyatakan, Ombudsman pastinya akan mengkaji ulang dengan tuntutan begitu banyak warga ini terkait rekomendasi yang mereka keluarkan hasil mediasi antara lurah dan pihak RT yang melapor keluhan kepada mereka waktu lalu itu.

Dia menyatakan, pihaknya tidak mencampuri terlalu jauh urusan ini sejak awal, hanya terlibat sebagai penengah, karena ada laporan keluhan warga terhadap lembaga pelayanan pemerintah, lalu difasilitasi mediasi kedua belah pihak, itu saja.

Sekarang ini, lanjutnya, Ombudsman menyerahkan sepenuhnya kepihak kelurahan dan kecamatan untuk menyelesaikannya yang lebih baik.

Sementara itu, Camat Banjarmasin Utara Dra Hj Siti Hapsyah menegaskan tidak akan mengeluarkan SK kepengurusan RT 38 Kayu Bulan Sungai Andai yang menyulut pertentangan diantara warga tersebut. “Keputusan kami, tidak ada dikeluarkan SK Kepengurusan RT 38 di Sungai Andai, dan keputusannya pemilihan ulang kembali nantinya,” pungkasnya.(sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: