Skip to content
Tags

Agustus, Banjarmasin Dapat Cetak E-KTP Besar-Besaran

August 1, 2012

Agustus, Banjarmasin Dapat Cetak E-KTP Besar-Besaran

Sekarang Sudah Terbagi 16.089 Keping

BANJARMASIN, MK- Program e-KTP di Banjarmasin sudah memasuki tahap akhir. Informasi dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), Agustus  cetak banyak e-KTP untuk Banjarmasin.

“Kita baru saja berkoordinasi dengan Kemendagri, informasi kita dapat, Insya Allah Agustus cetak banyak e-KTP untuk Banjarmasin,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin Dra Hj Rachmah Norlias kepada wartawan, Selasa (31/7) kemarin.

Menurutnya, sekarang ini Kota Banjarmasin sudah menerima selesai cetak e-KTP sebanyak 16.089 keping. “Sebagian besar sudah kita bagikan kemasyarakat lewat kecamatan dan kelurahan masing-masing, setelah kita verifikasi dan kita catat data masuknya,” ucapnya.

Untuk e-KTP selesai cetak dikecamatan totalnya, beber Rachmah, untuk Banjarmasin Selatan sebanyak 3.344 keping, Banjarmasin Timur sebanyak 3.096 keping, Banjarmasin Barat sebanyak 6.349 keping, Banjarmasin Utara sebanyak 1.850 keping, dan Banjarmasin Tengah sebanyak 1.450 keping. “Begitulah, memang tidak sama pembagiannya,” papar Rachmah.

Kembali diungkapkan Rachmah, pembagian e-KTP selesai cetak warga tidak lagi diberitahunya lewat undangan, melainkan namanya ditempelkan di tempat pengumuman di kecamatan masing-masing.
           
Prosedur pengambilan, kata Rachmah, warga harus membawa e-KTp lama untuk ditukar dengan
e-KTP yang baru. Dalam hal ini juga, e-KTP tersebut kembali akan dicek atau dicocokkan kembali dengan e-KTP lama. Jika NIK e-KTP yang baru dengan yang lama memiliki data yang sama, maka akan diberi tanda lubang bahwa dia sudah menggunakan identitas kependudukan e-KTP. “Jika misalnya ada ketidaksamaan data terutama NIK KTP yang dulu dengan NIK e-KTP,
maka Dispencapil tidak akan menyerahkan dan melakukan pendataan baru,” tuturnya.
           
Rachmah menjelaskan, bentuk e-KTP ini tidak berbeda dengan e-KTP yang lama. Hanya saya pada e-KTP ini memiliki data yang dapat diaksis online seluruh Indonesia dengan computer khusus. “Dari belakang keping e-KTP ini juga memiliki halogram yang
menyimpan data si pemilik,” pungkas Rachmah. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: