Skip to content

Pakai Suplemen Berpuasa, Tak Ada Masalah!

August 1, 2012

Pakai Suplemen Berpuasa, Tak Ada Masalah!

Berpuasa intinya menahan lapar dan dahaga sepanjang hari hingga bedug Magrib tiba. Bagaimana kalau ingin kuat puasa seorang harus mengkonsumsi suplemen?  Ini menjadi pertanyaan seorang ibu muda Nooryani, warga  Komplek Kayu Bulan Sungai Andai Banjarmasin Utara. Dia mengaku cukup berat  aktivitas setiap hari, selain kerja, sehabis itu harus disibuk lagi aktivitas di dapur untuk keperluan berbuka puasa keluarga tercinta.

“Nah ini lah yang membuat saya memilih menggunakan suplemen demi ketahanan tubuh saya agar terus fits menjalankan ibadah puasa,” ujarnya.

Menurut Ustadz H Aspihani, seseorang yang menggunakan suplemen atau minum vitamin menjaga tubuh tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa tidak masalah, artinya tidak sampai membatalkan puasa juga nilai pahala puasa yang ditempuhnya. “Tidak apa-apa orang berpuasa itu menggunakan suplemen, tapi menggunakannya pas waktu sahur,” ujarnya.

Selain itu, kata Ustadz yang beraktivitas sebagai guru agama di Tunggul Irang Martapura itu, vitamin yang digunakan atau diminumnya itu halal menurut agama. “Tidak juga dimakruhkan puasanya muslim pakai suplemen itu dalam berpuasa, nah, terkecuali berlebihan, sebab apa saja yang berlebihan itu makruh hukumnya. Kalau suplemennya tidak halal lain lagi, pastinya hukumnya haram,” jelasnya.

Ustadz yang pernah mengaji di Hadral Maut Yaman ini mengungkapkan, vitamin yang bisa diharamkan itu misalnya bahan-bahan pembuatannya dari benda yang diharamkan agama, seumpama dari babi atau anjing atau hewan yang menjijikkan lainnya.

Menurutnya, seorang perempuan yang sibuk dan memerlukan suplemen dengan niat untuk menjaga puasanya dibenarkan saja dalam agama. “Jadi para perempuan yang tidak perlu kawatir batal puasanya karena menggunakan suplemen,” tuturnya.

Apalagi saat hamil, ujarnya, pastinya sangat dianjurkan mengkonsumsi banyak makanan-makanan yang mengandung suplemen untuk ketahanan tubuh dan kandungannya saat berpuasa. “Suplemen itukan tidak harus obat, sayuran juga buah-buahan masuk juga menambah suplemen bagi tubuh,” pungkasnya. (sukarli)

 

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: