Skip to content

Wadai Tak Sehat Beredar

August 1, 2012

Wadai Tak Sehat Beredar

Diskes Temukan di Pasar Wadai

BANJARMASIN, MK- Masyarakat harus teliti saat ingin membeli kue basah atau wadai di pasar-pasar wadai. Sebab Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin menemukan sejumlah wadai yang beredar dan dijual di pasar wadai  tidak memenuhi syarat kesehatan dikosumsi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin drg Hj Dia R Praswati menyatakan, paling tidak 9 simple macam wadai yang mereka dapati yang tidak memenuhi syarat kesehatan dikosumsi.

“Dari 45 sampel kue basah yang kita ambil pada pedagang dan diteliti kesehatannya di pasar-pasar wadai lalu, ternyata 9 macam sampel kue basah diantaranya tidak memenuhi syarat
kesehatan,” ujarnya kepada wartwan, Rabu (1/8) kemarin.

Dikatakan Diah, kue-kue itu dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk dikonsumsi, karena mengandung zat yang merugikan bagi kesehatan dan berbahaya. Diantaranya mengandung zat formalin, siklamat (salah satu jenis pemanis
buatan) dan rodamin.“Pastinya zat ini bila terkonsumsi akan tidak baik bagi kesehatan,”
imbuhnya.

Diah enggan menyebutkan wadai apa saja yang beredar dan mengandung zat berbahaya  bagi kesehatan itu. Sebab menurutnya tidak semuan pedagang berlaku curang itu, hanya sebagian kecil oknum untuk keuntungan pribadi.

“Tapi sudah kita beri teguran dan kita beri pembinaan, karena itu saja wewenang kita,” paparnya.

Selebihnya, Diah menghimbau, kepada masyrakat agar berhati-hati dan selektif dalam membeli. “Perlu diketahui, jenis mie basah pun ada yang mengandung formalin, sedangkan es buah yang mengandung cyclamate juga beredar,” bebernya.

Sebagai langkah antisipati, Diah mengaku, pihaknya telah mengintruksi kepada para petugas kesehatan yang ada terutama jajaran Puskesmas terdekat, untuk memberikan
langkah pembinaan kepada para pedagang supaya menjual dan mengolah makanan sesuai dengan syarat kesehatan untuk dikonsumsi. “Kalau tindakan tegasnya, mungkin itu menjadi kewenangan pihak POM,” jelasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: