Skip to content
Tags

Pembangunan RPU Tidak Sanggup Setahun

August 6, 2012
Pembangunan RPU Tidak Sanggup Setahun
 
BANJARMASIN, MK- Alasan waktu sempit, penambahan pembangunan Rumah Potong Unggas (RPU) di jalan Mantuil Banjarmasin Selatan diusulkan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin untuk sistem multiyear, sebab dinilai tak mungkin sanggup ditargetkan setahun. ”Karena waktu yang tertinggal tahun ini sekitar 5 bulan lagi, kita usulkan pembangunan untuk menambah bangunan di RPU Mantuil berjalan dua tahun,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Doyo Pudjadi kepada wartawan, kemarin.
 
Menurutnya, usulan permintaan perpanjang waktu hingga dua tahun ini diambil karena tidak ada jaminan selesai membangun 2 blok tambahan untuk tempat pemotongan unggas, ditambah tempat pengolahan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) dari pihak kontraktor pelaksana pembangunan. ”Ya, kita maklumi, untuk pembangunan pondasi fisiknya saja, tentunya cukup memerlukan waktu panjang,  karena banyak juga,” paparnya.
 
Belum lagi, kata Doyo, Pertimbangan misalnya ada kendala terkaiti faktor alam atau pada saat musim penghujan. ”Hal-hal itulah yang kita pikirkan, maka lebih baiknya pembangunan ini dianggaran dengan tahun jamak saja,” ucapnya.
 
Untuk itu, kata Doyo, pihaknya pun sudah mengajukan rencana melakukan perubahan jadwal pembangunan RPU ini  pada APBD Perubahan 2012. Yakni,  hanya menganggarkannya sebesar 50 persen saaja dari alokasi Rp 2 Miliar anggaran secara totalnya ”Sisanya kita anggarkan  tahun depan saja,” ujarnya.
           
Apa rencana pembangunan pada tahap awal ini, menurut Doyo, sementara akan mulai diuruk dulu lahan tempat pembangunannya, lalu membuat pondasi dasar bangunan 2 blok  tambahan penampungan. ”Untuk pembangunan IPAL, tentunya akan dikerjasamakan dengan PD PAL,” paparnya.
 
Sebagaimana diketahui, hingga kini RPU yang sudah dapat menampung puluhan ribu ayam potong tersebut belum juga memiliki IPAL, akibatnya, limbah RPU tersebut kurang terkelola, karena hanya dilakukan secera manual. “Sekarang kan, limbah RPU diminta ditampung di sebuah tempat, kemudian diambil petugas kebersihan,” pungkasnya. (sukarli)
 
 
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: