Skip to content
Tags

936 Dus Snack Mengandung Borak Dibakar

August 8, 2012
936 Dus Snack Mengandung Borak Dibakar
 
BANJARMASIN, MK-Sekitar 936 dus makanan ringan (Snack) bermerek Aji San, dimusnahkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)  Kalsel dengan cara dibakar. Pembakaran makanan ringan yang dinyatakan mengandung bahan berbahaya di kosumsi (jenis borak) itu dimusnahkan di halaman belakang Intalasi Gudang Farmasi dan Perlengkapan Kesehatan Dinkes Provinsi Kalsel Banjarbaru, Rabu (8/8) kemarin.
Image
Pembakaran produk jajanan anak ini, disaksikan oleh sejumlah perwakilan dari Disperindag dan Dinkes Provinsi dan Kota Banjarmasin. “Semoga dengan dimusnahkannya produk ini, bisa memutus peredarannya dimasyarakat,” ujar Kepala BPOM Kalsel Dewi Prawitasari, kepada wartawan.
Menurutnya, alasan pemusnahan produk olahan industri rumah tangga dari Cianjur Jawa Barat ini karena, berdasarkan uji laboratorium dipastikan positif mengandung zat pengawet berbahaya jenis boraks. “Pengujian itu kami lakukan pada 1 Agustus tadi, dengan kode produksi 0629 H dan 0629 F, ED 29-02-13,” terangnya.
Sehingga lanjutnya, bila dibiarkan beredar dan dikonsumsi, maka akan berakibat buruk terhadap kesehatan. “Efek kronisnya, bisa hilang nafsu makan, turun berat badan, iritasi dan gangguan pencernaan, kerusakan ginjal bahkan kematian,” ingatnya.
Selain itu, Dewi mengaku, sangat berterimakasih dan berapresiasi dengan sikap kooperatif dari pihak distributor di Kota Banjarmasin, yang telah bersedia untuk menyerahkan barang milik mereka untuk dimusnahkan. “Ini sesuai dengan PP Nomer 28 Tahun 2004 tentang keamanan mutu dan gizi pangan, bahwa setiap pihak yang terlibat dalam peredaran pangan, wajib membantu penarikan atau pemusnahan bahan pangan yang mengandung zat berakibat mengganggu kesehatan, ” ucapnya.
Kemudain ditambahkannya, bagi masyarakat yang masih menemukan atau mendapati produk tersebut dipasaran, agar memberikan informasi dengan menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen Balai Besar POM di Banjarmasin telpon 0511-3305115 (hunting) Fax 0511-3302162.
Sementara, Kepala Dinas Perindustrian Kota Banjarmasin, Syaffri Azmi mengaku, dengan ditemukannya produk tersebut di Kota Banjarmasin, maka pihaknya akan mengintensifkan lagi pengawasan produk serupa dilapangan agar kejadian serupa tidak lagi terulang.

Selain itu, bagi para distributor diingatkan untuk selalu memperhatikan produk dagangan mereka, jangan sampai mengandung zat berhahaya bagi kesehatan. “Terutama jajanan yang banyak dikonsumsi anak-anak dan usia sekolah, ini perlu diperhatikan,” tandas Azmi.(sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: