Skip to content
Tags

Laporkan Saja Perusahaan Tak Bayar THR

August 8, 2012
Laporkan Saja Perusahaan Tak Bayar THR
 
Dinsosnaker Sediakan Tempat Pengaduan
 
BANJARMASIN, MK- Perusahaan diingatkan untuk memenuhi pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi semua karyawannya sebelum H-7 Ramadhan 1433 Hijriah ini. Untuk mengawal hak-hak pekerja itu, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banjarmasin menyediakan tempat pengaduan di kantornya di Jalan Pramuka. Intinya, laporkan saja perusahaan tak bayar THR.
Menurut Kepala Dinsosnaker Kota Banjarmasin Agus Surono, tempat menerima pengaduan atau laporan atas keluhan karyawan yang mungkin tidak mendapat THR dari perusahaannya, atau misalnya telat dicairkan hingga lewat dari ketentuan H-7 sudah pihaknya buka beberapa hari lalu. “Sementara ini memang belum ada lagi aduan yang masuk kepada kita terkait itu,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (8/8) kemarin.
Dikatakannya, karyawan tidak perlu ragu atau takut melaporkan perusahaannya yang tidak memenuhi kewajibannya membayar THR kepadanya. Karena itu adalah hak yang perlu diperjuangkan, dan Dinsosnaker akan terus mendampinginya.
 
Lagian, papar Agus, hak karyawan mendapat THR dari perusahaannya itu sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI nomor 4 tahun 1994, yakni, Tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja. “Dan ini peraturan berlaku baik itu perusahaan besar maupun kecil, semua wajib mematuhi peraturan itu,” tegasnya.
Sebab, katanya, peraturan ini juga diperkuat dengan sebuah surat edaran Walikota yang menghimbau semua perusahaan untuk membayar THR karyawannya. “Dan surat edara itu sudah kita bagikan kesemua perusahaan yang ada di daerah ini,” bebernya.
Kenapa harus disampaikan lagi melalui surat edaran kesemua perusahaan? Ucap Agus, sebagai langkah Pemkot Banjarmasin mengingatkan agar manajemen perusahaan jangan sampai terlupakan ketentuan wajib bayar THR karyawannya sebelum H-7.
“Kalau nantinya ada perusahaan yang melanggar ketentuan ini, pastinya akan mendapat peringatan kita,” terangnya.
Apa saja ketentuan diatur pemberian THR kepada karyawan? Terangnya lagi,  yakni, perusahaan sudah wajib THR karyawannya yang sudah selama tiga bulan bekerja. Bagi yang kerja sudah  setahun bekerja wajib dibayar THR-nya sebesar satu tahun gaji. “Kalau yang masih kurang setahun kita anjurkan dibayar THR nya  secara proporsional,” bebernya.
Dia mengharapkan perusahaan jangan main-main terhadap hal ini. Sebab, dalam peraturan pastinya ada sanksi bagi pelanggarnya.  (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: