Skip to content
Tags

Baru Mudik ke Kotabaru Yang Meningkat

August 12, 2012

Baru Mudik ke Kotabaru Yang MeningkatGambar

BANJARMASIN, MK- H-7 atau 7 hari sebelum lebaran ini, arus mudik penumpang lebaran di Terminal Induk KM 6 masih terlihat belum ada lonjakan yang berarti. Menurut pihak pengelola Terminal Induk KM 6 dari Dinas Perhubungan, Komonikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Banjarmasin,  baru arus mudik jurusan Banjarmasin-Kotabaru yang ada sedikit peningkatan.

“Secara umum, sejauh ini arus penumpang mudik lebaran di Terminal Induk KM 6 masih normal atau biasa-biasa saja alias tanpa banyak peningkatan, hanya untuk arus mudik jurusan Banjarmasin-Kotabaru yang sekitar 10% ada lonjakan penumpang,” ujar Kasub Bagian TU UPTD Terminal Dishubkominfo Kota Banjarmasin H Rizaninoor kepada wartawan, Minggu (12/8) kemarin.

Sebab, katanya, yang biasanya rata-rata 3 buah bis mengangkut penumpang untuk jurusan Banjarmasin-Kotabaru, mulai Sabtu (11/8) tadi, keberangkatan penumpang hingga mencapai 5 buah bis. “Jadwal keberangkatan bis jurusan Banjarmasin-Kotabaru ini sore dan malam hari,” ucapnya.

Sementara itu, beber pria yang biasa disapa H Izai, untuk taksi bis yang melayani arus mudik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk Kaltim, yakni, Banjarmasin-Balikpapan-Samarinda, juga untuk kewilayah Kalteng, baik Banjarmasin-Kapuas-Palangkaraya-Sampit, maupun Banjarmasin-Tamiang Layang-Ampah-Muara Teweh atau Bontok-Puruk Cahu, kondisinya masih normal-normal saja.

“Untuk bis jurusan Samarinda (Kaltim) kondisi arus penumpang lebarannya masih seperti biasa, antara 8-10 buah bis perharinya berangkat, sementara jurusan Banjarmasin-Kalteng (Tamiang Layang-Ampah-Muara Teweh atau Bontok-Puruk Cahu) sama masih berkisar antara 10-12 buah bis total perharinya berangkat,” ungkapnya.

Kondisi belum meningkatnya arus mudik lebaran ini juga terjadi, sambung H Izai, untuk taksi L300 kewilayah banua anam (Rantau, Kandangan, Barabai, Amuntai, Tanjung, dan Balangan). Demikian juga untuk jurusan Banjarmasin-Palaihari-Batulicin. Secara keselurusahan, katanya, taksi jenis L300 yang melayani penumpang Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Induk KM 6 ini pada Sabtu (11/8) kemarin berjumlah 216 buah keberangkatan. “Yang demikian itu masih seperti hari-hari biasa, walaupun memang jumlah penumpang ada sedikit peningkatan,” tuturnya.

Diperkirakan, papar H Izai, lonjakan arus mudik penumpang kesemua jurusan baik AKAP atau AKDP akan terjadi menjelang H-3 dan H-2, dan ini sudah kebiasaan tahun-tahun lalu, sebab sudah mulai libur kerja. “Untuk terjadinya kondisi lonjakan itu, kita sudah menyiapkan armada tambahan agar semua penumpang nantinya dapat terangkut,” katanya.

Dia memastikan, harga tiket untuk masing-masing jurusan mudik tidak terjadi peningkatan harga. Terkecuali penumpang membelinya diluar loket resmi atau kepada calo. “Makanya, kita himbau penumpang belilah tiket di loket resmi saja,” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: