Skip to content
Tags

Sudah Saatnya Siring Dijaga Security

August 12, 2012

Sudah Saatnya Siring Dijaga Security

BANJARMASIN, MK- Bangunan megah siring-siring Sungai Martapura merupakan aset berharga Kota Banjarmasin. Tidak hanya untuk kelangsungan normalisasi sungai, namun juga menjadi daya tarik wisata. Sayangnya, bangunan-bangunan yang sudah menghabiskan dana APBD dan APBN hingga puluhan miliar rupiah itu tanpa satupun memiliki penjaga. Akibatnya, tangan-tangan jahil sering merusaknya.

Kepala Dinas Sumberdaya Air dan Drainase Kota Banjarmasin Ir Muryanta mengakui, memang belum ada satupun penjaga yang ditugaskan khusus mengawasi siring-siring tersebut.

Menurutnya, Banjarmasin sekarang sudah memiliki sebanyak 4 siring sungai, yakni, siring di jalan Sudirman atau depan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, siring di jalan KP Piere Tendean, siring jalan Ujung Murung atau belakang pasar Ujung Murung, dan siring di jalan RE Martadinata atau depan kantor Walikota.

“Sebagian siring-siring itukan terus dibangun dan diperpanjang, berbagai fasilitas penunjangya juga kita penuhi, seperti taman, pagar, lampu taman dan lainnya,” kata Muryanta dengan wartawan, kemarin.

Dia mengiakan, kalau sudah saat siring-siring itu diberi penjagaan ketat, sebab banyak aset berharga negara yang wajib dijaga terus kelestariannya. “Kita memang sudah memikirkan dan merencanakan agar ada petugas security di siring-siring ini, mungkin tahun depan menjadi pembahasan serius kita,” ucapnya.

Sebab kenapa hal itu harus dibuat menjadi pembicaraan serius, katanya, karena disadari atau tidak sejumlah  fasilitas siring kini dalam keadaan terancam dari tangan-tangan jahil. “Dan itu bisa kita liat dan rasa bersama,” tuturnya.

Masih terekam diingatan, ungkapnya, bahwa sejumlah fasilitas siring, yakni, besi pagar siring di Piare Tenden dicuri, akibatnya pagar siring banyak yang rusak dan bolong. “Inilah yang kita sayangkan kalau sampai terjadi ladi, sebab pembenahan sudah dilakukan semaksimal mungkin untuk kenyamanan masyarakat,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot melakukan pembenahan lagi siring di jalan Tendean, dan kini sudah dikramik dengan batu alam. “Target tahun ini siring itu selesai 100%,” ucapnya.

Untuk siring Sudirman, paparnya, Pemkot kembali memperpanjang bangunannya di samping jembatan Pasar Lama. “Dan siring ini sekarang sudah sekitar 90% selesai dibangun, dipastikan kedua siring dibanun berhadapan itu akan menjadi andalan pariwisata dan ikon kota Banjarmasin,” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: