Skip to content
Tags

Hari Ini Lonjakan Arus Balik

August 23, 2012

Hari Ini Lonjakan Arus Balik

BANJARMASIN, MK- Arus balik lebaran Idul Fitri 1433 H mulai terasa sejak H+3, Rabu (22/8) kemarin. Namun perkiraan, lonjakan penumpang di Terminal Induk KM 6 akan berlangsung sejak H+4, Kamis (23/8) hari ini hingga Sabtu (25/8) nanti atau H+6.

Image

“Saat ini arus balik kedatangan penumpang di terminal Induk KM 6 masih belum begitu besar, kita perkirakan mulai besok hingga Sabtu lonjakan tingginya,” ujar Kasub Bagian TU UPTD Terminal Dishubkominfo Kota Banjarmasin H Rizaninoor kepada wartawan.

Pria yang lebih akrab disapa H Izai ini mengakui, peningkatan aktivitas penumpang memang ada saat ini atau hingga H+3 ini untuk jurusan penumpang AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) dan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi).

“Tapi malah banyak yang mudik daripada yang datang,” ucapnya.

Sebagaiman jurusan AKDP untuk Banjarmasin-Batulicin-Kotabaru, selama dua hari trakhir ini angkutan bis umum yang melayani penumpang kearah sana mengalami peningkatan keberangkatan. “Bahkan sampai tambah armada cadangan,” paparnya.

Demikian juga, ucapnya, bis yang melayani penumpang jurusan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) seperti kewilayah Kaltim (Banjamasin-Balikpapan-Samarinda), dan arah Kalteng (Banjarmasin-Kapuas-Palangkaraya-Sampit dan Banjarmasin-Tamiang Layang-Ampah-Muara Teweh atau Bontok-Puruk Cahu, masing-masingnya juga mengalami peningkatan keberangkatan.

“Namun jurusan Kalteng yang paling mengalami peningkatan, bahkan juga sampai diturunkan bis cadangan. Izinnya kita berikan secara insendentil, yang penting semua penumpang terangkut,” ujarnya.

“Nah lain lagi untuk bis jurusan Kaltim hingga sore ini masih adem-adem aja,” ucapnya.

Peningkatan juga mulai terjadi untuk jenis angkutan umum L300 yang melayani perjalanan kewilayah banua anam begitu juga Palaihari. “Masing-masing terlihat meningkat keberbagai jurusan hari ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, jumlah penumpanh pada hari ini yang datang maupun hendak pergi di terminal KM 6 sudah mencapai ribuan. “Tapi perkiraan kita mulai besok yang lebih banyak lagi, dan kita sudah siap menyambutnya juga menyediakan armada cadangannya agar semua penumpang bisa terangkut pulang ketujuan,” janji H Izai.

Namun yang tidak tetlupakan juga, paparnya, persiapan armada umum alam kota.”Karena angkotan kotalah nantinya yang banyak juga dicari,” tuturnya.(sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: