Skip to content
Tags

Ledakan Penumpang di Terminal KM 6 Terjadi

August 23, 2012
Ledakan Penumpang di Terminal KM 6 Terjadi
 
Hampir Semua Taksi Penuh
BANJARMASIN, MK- Hari ke-4 setelah lebaran (H+4), ledakan penumpang  di Terminal Induk KM 6 sesuai perkiraan terjadinya lonjakan benar-benar terjadi, hampir seluruh taksi keberbagai jurusan dilaporkan terpenuhi penumpang. Aktivitas di terminal pterbesar di Kalsel itu pun semakin ramai.
Image
“Hari ini, sedari pagi terminal sudah ramai kedatangan penumpang, kiranya hampir seluruh taksi keberbagai jurusan penuh penumpang. Sesuai perkiraan kita lonjakan arus balik lebaran terjadi hari ini (Kamis kemarin, red),” ujar Kepala UPTD Terminal Dishubkominfo Kota Banjarmasin M Yusuf Riduan kepada wartawan, Kamis (23/8) kemarin.
Menurutnya, kemacetan pun tak bisa terhindarkan di terminal, terutama di jalan Pramuka yang menjadi satu-satunya pintu masuk dan keluar kendaraan, karena juga menjadi jalan umum. “Pertugas kita dibantu kepolisian lalulintas pun terus berupaya mengatur alur lalulintas di wilayah terminal ini, agar tidak terjadi kemacetan panjang,” paparnya.
Sebagaimana di ketahui, kata Yusuf, sejak H+3 kemarin hingga H+4 hari ini, aktivitas armada taksi baik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) atau taksi Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) terus menunjukkan peningkatan keberangkatan maupun kedatangannya setiap saat. “Kondisi melonjaknya penumpang di terminal KM 6 seperti ini kita perkirakan hingga Sabtu (25/8) atau H+6 nanti,” ucapnya.
Kasub Bagian TU UPTD Terminal Dishubkominfo Kota Banjarmasin H Rizani Noor menyatakan, bahwa sejak H+3 kemarin, total sekitar 1.339 orang penumpang berangkat dan 473 orang penumpang datang memadati terminal KM 6 ini sepanjang harinya khusus jurusan AKAP. Yakni, jurusan Banjarmasin-Kaltim (Samarinda, Balikpapan)dan Banjarmasin-Kalteng (Kapuas, Palangkaraya, dan Sampit. Atau Tamiang Layang, Ampah, Muara Teweh demikian juga Bontok, Puruk Cahu). “Total bis yang berangkat jurusan AKAP kemarin itu sebanyak 49 buah, sama kita hitung yang dating juga segitu,” ujarnya.
Menurut H Izai sapaan akrabnya, lonjakan penumpang juga sudah terjadi sedari kemarin (H+3) pada jurusan AKDP untuk Banjarmasin, Batulicin, dan Kotabaru, sekitar 17 buah bis tidak mencukupi membawa penumpang, yang akhirnya menurunkan bis cadangan. “Ada tiga buah bis cadangan kemarin itu kita berangkatkan. Untuk hari ini kita juga sudah siap-siap,” ungkapnya.
Yang tak kalah mengalami lonjakan tajam, katanya, taksi L300 jurusan kewilayah Martapura dan banua anam atau Palaihari. Kalau diliat kemarin, jumlah keberangkatan mencapai 606 buah, kalau yang datangnya hanya 427 buah. Bagaimana hari ini? “Kalau kemarin penumpang ke dan dari berbagai jurusan itu mencapai 2.800 orang, mungkin hari ini bisa lebih 3.000 orang,” yakinnya.
Menurut H Izai, pihaknya akan terus mendata keluar masuk armada umum di terminal KM 6 ini termasuk penumpangnya setiap saatnya. “Kalau untuk data hari ini belum bisa kita keluarkan, sebab ini akan terus berlangsung hingga tengah malam nanti,” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: