Skip to content
Tags

Penerimaan CPNS Masih Kabur

August 27, 2012

Penerimaan CPNS Masih Kabur

BANJARMASIN, MK- Ramai-ramai bicara akan ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di akhir tahun ini, Pemkot Kota Banjarmasin belum bisa memastikan benar. Sebab masih kabur karena belum ada tembusan surat resmi dari pusat.

“Belum ada kepastian penerimaan CPNS tahun ini untuk daerah kita, karena kita belum menerima surat resmi dari pusat,” ujar Kepala BKD dan Diklat Kota Banjarmasin A Husaini kepada wartawan, Senin (27/8) kemarin.

Menurutnya, Pemkot sifatnya menunggu keputusan dari pemerintah pusat terkait jatah penerimaan CPNS tahun ini. “Kalau ada jatah, kita siap melaksanakan perekrutan,” nyatanya.

Husaini mengungkapkan, bahwa secara provinsi, Kalsel sebenarnya belum memenuhi beberapa syarat yang ditetapkan pusat terkait perekrutan CPNS ini, sehingga pusat tidak bisa menetapkan kouta bagi Kalsel. Ujung-ujungnya masuk juga Banjarmasin karena secara umum sebanua itu.

“Namun ini juga dialami provinsi lainnya, terkecuali di Kalimantan adalah Kalteng (Tapi hanya provinsinya, daerahnya belum juga), dan Kaltim (ini kotanya saja, provinsinya malah belum), kalau Kalsel secara keseluruhan,” tutur A Husaini.

Diungkapkan secara teknis oleh Kabid Pengembangan Pegawai BKD dan Diklat Kota Banjarmasin Ahkmad Syauqi, bahwa Pemkot Banjarmasin masih memiliki 3 PR administrasi kepegawaian untuk diselesaikan yang merupakan syarat mendapat pertimbangan dari pusat untuk menambah kouta perekrutan CPNS di lingkungannya.

Ke-3 PR yang belum diselesaikan itu adalah, Analisis jabatan seluruh PNS-nya, Analisa beban kerja seluruh PNS-nya, dan evaluasi jabatan seluruh PNS-nya. “Nah, semua ini masih diproses bagian Organisasi Pemkot,” katanya.

Setelah semua itu selesai dan diserahkan kepusat, terang Syauqi, bahan itu akan menjadi pertimbangan pusat pada 2013 nanti. “Karena masih pertimbangan, artinya belum pasti juga,” paparnya.

Kenapa belum juga selesai? Menurut Syauqi menyelesaikan ke-3 PR itu tentunya memerlukan waktu, sebab yang dproses berkasnya sekitar 6.000 PNS di lingkungan Pemkot ini. “Bayangkan saja, satu orang PNS minimal 6 lembar berkas prosesnya,” ungkapnya.

Terkait akan adanya perekrutan CPNS tahun ini, Syauqi mengakui ada mendengarnya juga. “Kita dengar September ini, entah daerah kita masuk atau tidak,” ujarnya.

Namun yang pasti, tambahnya, tenga honorer yang sudah lebih 5 tahun kerja di lingkungan Pemkot Banjarmasin memiliki kesempatan untuk menjadi PNS tahun ini. “Sama akan melalui seleksi juga,” tutupnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: