Skip to content

Banjarmasin Diributkan Api Terus

September 5, 2012

Banjarmasin Diributkan Api Terus

Dua Kebakaran Terjadi Semalam   

BANJARMASIN, MK- Sirine mobil pemadam kebakaran dalam sepekan ini sering berbunyi. Kebakaran sudah benar-benar membuat ribut warga Kota Banjarmasin. Sebab sudah terjadi  hanya dalam berapa hari ini.

Trakhir kemarin, dua kebakaran terjadi, satu yang parah terjadi di daerah Komplek Darma Praja RT 12 RW 1 Kelurahan Pemurus Luar Banjarmasin Timur. Tiga buah rumah dilalap si jago merah. “Ada dua buah mobil juga ikut terbakar,” ujar Kasi Pencegahan dan Kesiap Siagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kebakaran Kota Banjarmasin Zuliansyah, kepada wartawan.

Kebakaran satunya lagi, ucapnya, terjadi di wilayah Kelayan A depan Gang Rahmi. “Tapi kebakaran kecil di sana, hanya penjual minyak di depan rumah,” tuturnya.

Namun, katanya, kalau tidak ditangani secara cepat oleh masyarakat, tentunya akan menjadi kebakaran besar. “Kebakaran kecil semacam ini tidak terhitung sudah,” ucapnya.

Zuliansyah mengatakan, dalam tahun ini atau Januari hingga September ini sudah 58 kali terjadi kebakaran besar di Kota Banjarmasin.

Diungkapkannya, dalam kebakaran sepanjang tahun itu sedikitnya 177 buah bangunan warga ludes. “Tentunya ribuan jiwa yang kehilangan tempat tinggal akibat itu. Belum dihitung lagi kerugian harta benda yang mereka derita,” paparnya.

Yang menyedihkan, ujarnya, korban jiwa meninggal akibat kebakaran ini sekitar 5 orang.

Dia mengungkapkan, kebakaran yang terjadi hampir 90% akibat kelalayan. “Kebakaran akibat konseleting listrik itukan juga akibat kelalayan,” ucapnya.

Kenapa demikian, jelasnya, karena kabel listrik dalam rumah itu merupakan tanggungjawab penghuni rumah menjaganya. Yakni, jika sudah berumur tua paling tidak  menjai perhatiannya, atau ganti. “Kita menyarankan biar saja beli kabel yang agak mahal sedikit, kualitas bagus lebih menjamin keamanannya,” ingat Zuliansyah.

Selain itu, tuturnya, pencegahan yang paling utama adalah kesadaran masyarakat untuk selalu waspada terhadap sekecil apapun pemicu kebakaran di lingkungannya. “Kalau kita selalu waspada bersama, insya Allah bisa dihindari,” pungkasnya. (sukarli)

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: