Skip to content

Walikota Terkesan Kebingungan

September 30, 2012

Walikota Terkesan Kebingungan

Cari Cara Jangka Pendek Atasi Kemacetan

BANJARMASIN, MK- Kemacetan arus lalulintas di Banjarmasin sudah terjadi di mana-mana. Dan ini dikeluhkan masyarakat. Tapi apa yang bisa dilakukan Pemkot Banjarmasin?  Wong, Walikotanya sendiri terkesan kebingungan cari cara jangka pendek atasi kemacetan, dia hanya bisa berkata “Sabar” dan “Maaf” bagiImage warganya terkait masalah ini.

“Masalah macet, saya harap masyarakat sabar, kita terus berupaya mengurai permasalahan kemacetan ini, tapi tentunya tidak bisa simsalabim bisa. Makanya saya minta maaf terlebih dahulu kepada warga,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Menurut Muhidin, mengatasi masalah macet bukan hal yang enteng dikala kepadatan arus lalulintas di kota inisemakin tak terkendali. Sebab beberapa inci saja Pemkot ingin melakukan pelebaran jalan sulitnya luar biasa.

Lagian, kata Muhidin, jalan-jalan di kota ini kebanyakan juga jalan milik provinsi dan negara. Pemkot dalam hal ini hanya bisa memohon agar bisa dilakukan pelebarannnya.

Sebagaimana di jalan Veteran, katanya, dengan akan dilakukannya pelebaran jalan di sana oleh Pemprov dan Pemkot membantu pembebasan lahannya, sebagai upaya memecah kemacetan. “Dan
prosesnya ini sudah berjalan,” ucapnya.

Selanjutnya, kepadatan di jalan Sungai Lulut atau jalan Martapura lama yang ada dikeluhkan warga karena kerap
macet, itu kata Muhidin, merupakan jalan pemerintah provinsi. “Kita sudah sering menganjurkan agar jalan di sana di lebarkan dan juga jembatannya. “Pemkot padahal sudah melakukan pembebasan lahannya untuk pelebaran jalan Sungai Lulut, jadi tinggal tugas yang memiliki jalan saja lagi itu,” tuturnya.

Terkait parkir liar yang juga menjadi biar macet seperti di jalan Pasar Lama dan A Yani KM 1 itu, kata Muhidin, itu sudah dia instruksikan Dishub untuk menatanya.  Muhidin pun curhat, bahwa dia pernah membuat kebijakan membatasi truk besar masuk kedalam kota di saat jam sibuk, ini juga salah satu cara untuk mengurai kemacetan. Namun ini terpaksa harus dia cabut karena banyaknya gelombang protes yang datang kepadanya, bahkan Pelabuhan Peti Kemas Trisakti sempat lumpuh saat itu. “Harus seperti apa lagi, saya senang kalau ada siapa saja yang mau memberi masukan terkait mengatasi masalah kemacetan ini,” akunya. (sukarli)  

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: