Skip to content
Tags

3.000 Lagi PJU Dimeterisasi

October 1, 2012

3.000 Lagi PJU Dimeterisasi

BANJARMASIN, MK- Beban Pemkot Banjarmasin membayar tagihan listrik
Penerangan Jalan Umum (PJU) masih cukup besar setiap bulannya ke PLN. Bahkan berkisar hampir 1 miliar. Salah satu mengurangi itu dengan memasang materisasi di setiap PJU, dan tahun ini akan dikerjakan 3.000 unit materisasi lagi.

Menurut Kasi PJU Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin Marzuki,
untuk 3.000 unit materisasi PJU ini Pemkot menghabiskan anggaran sebesar Rp 10 miliar.

Di mana saja titiknya, Sakapermai, Rawasari, Kelayan A, Kelayan B dan Pekapuran. “Prioritasnya memang kawasan tertentu dulu, yakni kawasan yang tagihan listriknya cukup tinggi,” ungkap Jack, panggilan akrabnya.
           
Selain tingginya tagihan listrik, di kawasan itu juga cukup banyak jaringan PJU, sehingga jika dilakukan lebih dahulu akan lebih efesien dalam menurunkan nilai kontrak pembayaran PJU Pemkot Banjarmasin kepada PLN. “PLN biasanya mematok nilai tagihan pada saat pertama pemasangan watt lampu, jika misalnya pada saat pertama pemasangan lampu PJU di lingkungan 500 watt, maka pembayaran bulan berikuta dipatok senilai 500 watt itu,”jelasnya.  
           
Jack menjelaskan pula, bahwa pemasangan meterisasi PJU ini sangat efektif untuk mengurangi dan mensinergikan taginan PJU Pemkot kepada PLN yang masih membengkak. “Saat ini dari semula Rp 1 miliar, telah trurun secara signifikan menjadi Rp 900 jutaan, “ujarnya.
           
Dikatakannya, meterisasi PJU ini sangat penting, agar perhitungan pemakaian beban PJU tepat, tidak seperti sekarang masih kurang meyakinkan karena dihitung secara tafsir
oleh PLN. “Makanya program meterisasi PJU ini sangat diseriusi Pemkot, hingga semuanya bisa tercapai dalam waktu 2 atau 3 tahun kedepan,” ucapnya.

Dijelaskannya,  saat ini,
masih sekitar 15.000 lebih lagi PJU di kota
ini yang belum qdimeterisasi. “Sejauh ini sudah sekitar 3.500 PJU dapat dimeterisasi. Hasilnya cukup signifikan, pembayaran PJU mulai ada berkurang,”
bebernya.

Secara teknis, tambahnya, program meterisasi yang akan dilakukan Pemkot secara bertahapnya tidak hanya dipenerangan jalanan umum, masuk pula penerangan di jalan-jalan gang dan perkomplekan. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: