Skip to content
Tags

Lagi, Satpol PP Robohkan Rumah di Veteran

October 1, 2012
Lagi, Satpol PP Robohkan Rumah di Veteran
 
BANJARMASIN, MK- Alasan bandel, belum juga membongkar sendiri pemiliknya, sebuah rumah di jalan Veteran yang sudah dibebaskan atau dibayar Pemkot ganti ruginya, dirobohkan secara paksa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin, Senin (1/10) kemarin.
“Sudah beberapa kali diperigati untuk membongkar sendiri bangunannya, masih tetap saja bandel juga, maka kita terpaksa membantu membongkarnya,” ujar Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin Ichwan Norkhaliq, kepada wartawan usai kelapangan.
Menurutnya, satu rumah yang pihaknya bongkar tadi sudah diganti rugi oleh sejak tahun 2011 tadi, yakni, terkena program pembebasan lahan di jalur hijau untuk normalisasi sungai dan pelebaran jalan di wilayah itu.
“Rencananya tadi ada 21 buah rumah mau kita gusur di wilayah Veteran itu, semuanya sudah dibayar Pemkot ganti rugi lahan dan bangunannya,” ungkap Ichwan.
Namun, katanya, karena peralatan berat atau mobil exsavator yang hendak mereka gunakan untuk merobohkan 21 rumah itu lagi ada kerusakan, maka kegiatannya ditunda. Dan hanya satu rumah tadi yang dirobohkan secara manual, karena rumah ini lebih dulu dibebaskan dari yang lainnya.
“Yang 20 rumah sisanya tadi itu sudah dibebaskan Pemkot juga lahan dan bangunannya, tapi baru Juni tadi. Nah, para pemiliknya sudah beberapa kali juga diperingati untuk membongkar sendiri bangunannya,” papar Ichwan.
Menurutnya, karena semua rumah dengan kostruksi non permanen atau berbahan kayu, maka lebih mudah meratakannya bila menggunakan alat berat. “Ya, kalau dalam waktu dekat ini kita liat masih bandel juga alias tidak juga membongkar sendiri bangunannya, dan exsavator sudah bisa digunakan, pastinya kita turunkan kesana,” tukasnya.
Ichwan juga menuturkan, bahwa pagi tadi (kemarin) pihaknya juga melakukan penertiban PKL di sekitar Jembatan Kelayan Luar, yakni, para pedagang buah. “Satu gerobak PKL kita sita, karena bandel juga berjualan di sana,” pungkasnya. (sukarli)  
 
 
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: