Skip to content
Tags

PNS Saja Sempat Dimarahi Karena Macet

October 1, 2012

PNS Saja Sempat Dimarahi Karena Macet

BANJARMASIN, MK- Ada cerita lucu, namun ini nyata. Seorang PNS yang saat itu berbaju dinas di tengah kemacetan tiba-tiba dihampiri warga pengguna jalan. Ujarnya,
‘Hai, sampaikan kepada walikota, suruh dia kesini supaya tahu macet’. 

Ini, kata Ibram, PNS tadi, sebuah pengalaman yang ditimpanya saat berada di jalan Sungai Lulut, saat jam sibuk di pagi hari, lalulintas di sana sangat macet sekali, bahkan bisa berjam-jam.

“Aku saat itu terpaksa ya.ya. saja, mau pergi tidak bisa juga karena terkurung macet, malu juga kita,” ujarnya kepada wartawan.

Fenomena terjebak kemacetan yang membuat orang sampai kesal dan bete ini tidak hanya terjadi di satu tempat, tapi sudah hampir di mana-mana. Liat saja misalnya di jalan Pasar Lama dan jalan Sulawisi arah kemesjid Jami.

Kedua jalan tersebut kini sama-sama kerap macet, apalagi saat jam-jam berangkat dan pulang sekolah dan kerja. Tidak hanya karena memang ada perempatan lampu merah di sana, namun di jalan Pasar Lama itu juga menyempit akibat lokasi parkir menjorok kejalan. Sedangkan di jalan Sulawesi, kondisi jalan sepertinya sudah kurang pas lagi dengan kepadatan arus lalulintas yang melaluinya.

Anggota DPRD dari Komisi III Kota Banjarmasin Totok Harianto menyatakan, Pemkot harus jeli melihat permasalahan ini, agar tidak menjadi permasalahan berlarut. Tidak hanya perlu memikirkan solusi harus memperluas jalan, namun juga parkir-parkir liar yang terus bertaburan. “Ini tentunya tantang bagi Dishub,” ujarnya.

Terkait permasalah itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komonikasi, dan Informatika  (Dishubkominfo) Kota Banjarmasin H Rusdiansyah mengakui hal itu.

“Ini memang sebuah dilema potret permasalahan kota kita saat ini, satu sisi peraturan ingin ditegakkan, namun di sisi lain perlu diperhitungkan juga dampak sosialnya,” katanya kepada wartawan.

Menurutnya, Pemkot terus berupaya mengatasi masalah ini, yakni, mencari jalan terbaik agar tidak ada pertentangan dengan semua yang berkepentingan.

Misalnya, kata Rusdiansyah, parkir di jalan Pasar Lama, itu sudah beberapa kali diatasi, memang Pemkot tidak menutupnya, tapi sudah diberi garis sebagai batasan untuk tidak menjorok ketengah jalan. “Tapi ya itu, kadang pengelola parkirnya tidak perhatian, sering kita tegur,” ujarnya.

Masyarakat juga, katanya, jangan memarkir di sana kalau diliat sudah penuh, cari tempat parkir lainnya yang lebih aman. Demikian juga pengguna jalan sebaiknya mencari jalan alternatif, karena wilayah itu padat lalulintas.

“Kita berharap ini nantinya bisa diatasi, sama halnya permasalahan parkir di jalan Pasar Sudimampir itu, setelah kompoterisasi parkir direalisasikan, Insya Allah parkir di sana akan lebih tertib,” terangnya.

Terkait jalan, Kadis Bina Marga Kota Banjarmasin M Amin mengungkapkan memang sudah semestinya jalan-jalan diperluas. “Memang semua jalan di daerah kita ini sudah terasa menyempit, karena kendaraannya yang membanyak, jalannya tak pernah berubah,” ucapnya.

Pemkot, katanya, terus berupaya memperluas jalan-jalan yag ada, tapi tak bisa total dalam waktu singkat, karena kendala dana yang tak sedikit. “Makanya kita perlu bantuan Pemerintah Provinsi dan pusat, dan ini terus kita upayakan, baik dana DAK atau apapun,” paparnya.

Dan pada 2013 nanti, pihaknya mengusulkan kepusat untuk bantuan perbaikan jalan diantaranya, jalan Sungai Bilu, Simpang Ulin, Kuripan, Belitung, dan Pasirmas. “Untuk pelebaran jalan Veteran dan Simpang Ulin secepatnya akan dilakukan, karena Pemkot terus melakukan pembebasan lahannya,” pungkas Amin. (sukarli/mahmud husin)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: