Skip to content
Tags

Keluhan ‘Menunggu’ e-KTP Mulai Muncul

October 8, 2012
Keluhan ‘Menunggu’ e-KTP Mulai Muncul
 
BANJARMASIN, MK- Keluhan masyarakat terhadap program Kartu Tanda Penduduk elektronik atau disingkatnya e-KTP mulai muncul. Ini akibat lambannya proses cetak kartu kependudukan itu warga dapatkan.

Sebagaimana diketahui, warga sudah melakukan rekam identitas pribadi pada program e-KTP ini tahun lalu, namun menunggu hingga meniti akhir 2012 ini, hanya sebagian kecilnya saja yang baru mendapatkan, yakni, baru 19 ribu dari 374.492 jiwa yang sudah didata, artinya sekitar 90% lebih lagi yang belum.

Yulian salah satu warga yang hingga kini belum mendapatkan e-KTP asal Kampung Melayu menyatakan keluhannya. Lantaran seluruh keluarganya belum ada satupun yang mendapatkan kartu kependudukan modern itu, padahal banyak urusan yang membutuhkan KTP, alih-alih menunggu karena kabarnya pertengahan tahun ini bisa didapatkan, ternyata tidak ada. “Karena kita tidak bisa lagi memperpanjang KTP yang lama,” protesnya.
Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil)  Kota Bajarmasin Dra Hj Rachmah Noorlias mengakui keterlambatan penyelesaian cetak e-KTP untuk wilayah Banjarmasin ini. Bahkan pihaknya sudah melakukan berbagai upaya agar Kementerian Dalam Negeri mempercepat proses pencetakannya. “Bahkan sudah kita kirim surat resmi permohonan itu,” ujarnya.
Dia mengungkapkan, bahwa warga Kota Banjarmasin yang sudah terekam identitas kependudukannya pada program e-KTP ini mencapai 374.492 wajib KTP. Sementara yang sudah selesai dikirim pusat cetak e-KTP baru 19 ribu. “Semuanya sudah kita bagikan,” paparnya.
Rachmah mengklaim, pihaknya tidak bisa berbuat banyak terkait ini, sebab kebijakan semuanya ada pada pusat, karena program ini murni dari pusat.
“Memang aku sangat malu, dengan keterlambatan ini tetapi kesalahan ini bukan hanya pada kami tetapi memang keterlambatan cetak dari pemerintah pusat,” tuturnya.
Dari keterangan Pusat Layanan KTP Pusat Ridwan saat dihubungi via telpon menyatakan permintamaafannya atas nama kementerian Dalam negeri terhadap keterlambatan cetak e-KTP di Banjarmasin.   
“Saat ini saya lagi di Batam, sepulang ini saya akan fokuskan untuk membantu penyelesain cetak e-KTP untuk wilayah Kota Banjarmasin, karena saya tak mau ketinggalan dan disalahkan,” ucapnya berjanji.
Dia mengharapkan masyarakat Banjarmasin bisa bersabar, karena yang diselesaikan pusat mencakup e-KTP seluruh daerah di nusantara. Dan dia memastikan tidak ada sabotasi terkait keterlambatan di Banjarmasin ini. “Keterlambatan ini hanya kesalahan teknis, kita tidak ada main mata harus mendahulukan daerah lain, meninggalkan Banjarmasin,” pungkasnya. (sukarli)
 
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: