Skip to content
Tags

Kesra Minta SPJ Bantuan Hibah Diserahkan

October 8, 2012

Kesra Minta SPJ Bantuan Hibah Diserahkan

BANJARMASIN,MK- Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota Banjarmasin mulai melakukan pengumpulan administrasi Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) penerimaan dan penggunaan dana bantuan hibah rumah ibadah, yang sudah diserahkan kepada masing-masing penerima. Pasalnya ini sudah memasuki akhir tahun.

“SPJ itu kami perlukan, untuk keperluan administrasi pertanggungjawaban dana yang sudah diserahkan selama ini,” ujar Kepala Bagian Kesra Pemkot Banjarmasin Drs Kurnadiansyah, kepada wartawan, Senin (8/10).

Menurutnya, dari sekitar 56 buah rumah ibadah berupa masjid dan 71 buah mushalla, calon penerima bantuan dana hibah tersebut. Sebanyak 75 persennya, sudah menerima bantuan itu. “Jadi yang sudah inilah, yang kita cari SPJ-nya,” imbuhnya.

Kemudian, bentuk dari SPJ itu bisa berupa bukti transfer ke rekening kepada penerima atau keterangan penggunaan dana hibah yang telah diserahkan. “Kami bisa langsung datangi pihak panitia rumah ibadah yang menerima, bisa juga langsung kepada Bagian Keuangan Pemkot, untuk mendapatkan copy-an bukti transfer,” imbuhnya.

Dikatakan Kurnadiansyah, meski jumlah dana yang disalurkan tidak terlalu besar, tetapi SPJ itu tetap dibutuhkan untuk bukti pertanggungjawaban penyaluran dana yang sudah dilakukan. “Kemarin dana yang diserahkan bervariasi, maksimalnya Rp 35 juta. Kalau lebih dari itu, berarti ada kebijakan dari Walikota, untuk menambah,” ungkapnya.

Terkait tenggat waktu penyerahan SPJ, sesuai ketentuan yang berlaku, maksimal dalam kurun waktu dua bulan setelah dana tersebut diterima, maka SPJ atau bukti transfer sudah harus diterima pihak Kesra. “Tujuannya supaya berkas administrasi yang ada pada kami, menjadi lengkap,” harapnya.

Sementara tambah Kurnadi, sejauh ini, dalam proses pemberian bantuan dana hibah dan bantuan sosial lainnya, pihak Kesra selalu mengacu pada Permendagri Nomor 39 tahun 2012, perubahan atas Permendagri Nomor 32 tahun 2011 tentang bantuan hibah dan bantuan sosial. “Kita harap semua memahami itu, agar tidak menjadi masalah dikemudian hari,” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: