Skip to content
Tags

Lapak Dibongkar, Pedagang Berteriak Histeria

October 8, 2012

Lapak Dibongkar, Pedagang Berteriak Histeria

BANJARMASIN,MK- Satpol PP Kota Banjarmasin lakukan penertiban paksa lapal para PKL di pasar Sudimampir, Senin (8/10) kemarin. Aksi eksekusi itu mendapat perlawanan dan cemoohan para pedagang, bahkan ada salah seorang pedagang wanita pemilik lapak  berteriak hiteria dan pingsan.

 

Para pedagang  mengaku tidak mendapat surat peringatan sebelumnya, dan mereka menyatakan keberatan atas tindakan Satpol PP yang memporak porandakan tempat dagangan mereka.

 

“Kami memang tidak ada mendapatkan surat pemberitahuan, sehingga hari ini kami pun tetap berjualan di jalan ini,” teriak salah seorang pedagang.

 

Salah seorang pedagang lainnya yang tidak mau menyebut nama mengaku memberikan diri berjualan seperti biasanya karena sudah mendapatkan izin dari pihak tertentu, termasuk membayar sewa loksai lapak yang senilai Rp 100 ribu/bulan pada pihak ke III. “Kalau bulanan kami bayar terus dan  perbulannya Rp100 ribu, dan kami pikir sudah tidak apa-apa lagi jika berjualan di sini,” ungkapnya.

           

Sementara itu, disela-sela pembongkaran, Kepala Satpol PP H Ichwan Norkhaliq didampingi sejumlah petugas pol PP lainnya mengungkapkan proses pembongkaran memang harus dilakukan pihaknya. Selain karena adanya permintaan dari dinas pasar yang ingin melakukan penataan pasar, juga karena di lapak tempat para PKL tersebut berjualan memang tidak boleh ada aktivitas berjualan.

           

“Lokasi atau tempat mereka berjualan tersebut di jalan umum, sehingga kamipun tidak membolehkan sesuai dengan aturan UU jalan juga,”tegas Ichwan.  

           

Terkait adanya pengakuan pedagang yang rutin membayar uang sewa, Ichwan mengaku tidak tahu menahu tentang hal itu. “yang jelas ini juga berdasarkan permintaan dinas pasar dan kami sebagai dinas yang berwenang untuk menertibabkan hanya meneruskan saja,”katanya.

           

Untuk ini, Ichwan pun kembali menegaskan bahwa usai penertiban ini pun tetap akan diawasi. Apalagi mengingat lokasi pasar tersebut yang sudah cukup semrawut dan menghindari menjamurnya kembali PKL liar. “Kalau ada yang berani berjualan dia jalan ini lagi, akan kami bongkar lagi,” pungkasnya. (sukarli)

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: