Skip to content
Tags

Nauzubillah, Tauran Pelajar Terjadi di Sini

October 8, 2012

Nauzubillah, Tauran Pelajar Terjadi di Sini

BANJARMASIN, MK- Maraknya tauran pelajar di Jakarta hingga memakan korban jiwa, menjadi perhatian semua pihak tidak terkecuali pihak penguasa pendidikan di Banjarmasin.  Sama, tidak mengharapkan sampai terulang lagi. Sebab ini sebuah tragedi yang sangat memilukan dan sangat mencoreng nama baik dunia pendidikan.

“Kita menyaksikan kejadian tauran antar pelajar di Jakarta baru-baru ini yang memakan korban jiwa membuat hati kita pilu, dan Nauzubillah sampai terjadi di sini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Hesly Junianto, kepada wartawan.

Menurutnya, Banjarmasin yang selama ini relatif aman dunia pendidikannya dari prilaku perkelahian antar pelajar, diharapkan semua pihak terus berperan menjaganya.

Sebab, katanya, ini adalah tanggungjawab semua pihak, tidak hanya dipikul para guru dan instansi pendidikan juga orangtua, tapi masuk kewajiban masyarakat pula menjaganya, ini demi kelangsungan generasi muda penerus bangsa.

“Biarpun daerah kita aman selama ini dari masalah itu, tapi kita harus terus waspada dan menjaganya, jangan sampai lengah,” tekannya.

Dia mengharapkan, adanya pemicu sekecil apapun yang bisa menyebabkan perkelahian massal antar pelajar segeralah didamaikan.

“Kalau di sekolah tugasnya pendidik juga orangtua, kalau di luar sekolah masuk tanggungjawab masyarakat untuk merelainya,” ungkapnya.

Memang, kata Hesly, kalau pelajar yang mempelajari 18 nilai karakter pendidikan, diantaranya religius, demokratis, tenggang rasa, sikap tolong menolong, dan menjauhi sifat yang tercela, pastinya tidak akan pernah ada perkelahian diantara mereka. “Nilai-nilai inilah yang kita harus perkuat lagi penanamannya di hati pelajar,” tuturnya.

Menurutnya, jumlah lembaga pendidikan di Kota Banjarmasin ini untuk tingkat SMU sederajat sebanyak 34 sekolah negeri dan swasta plus 17 SMK, dan puluhan sekolah SMP. “Pelajar ditingkatan ini yang kita jaga,” pungakasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: