Skip to content

Sudah Kian Banyak Pergudangan di jalan Gub Soebarjo

October 8, 2012

Sudah Kian Banyak Pergudangan di jalan Gub Soebarjo

BANJARMASIN, MK- Langkah Pemkot Banjarmasin menuntut pergudangan di tengah kota untuk pindah kedaerah pinggiran lambat laun mulai dimaui para pengusaha. Wilayah khusus pergudangan di jalan Gubernur Soebarjo, Banjarmasin Selatan kian tumbuh bangunan gudang.

“Bangunan gudang terus bertambah di jalan Gubernur Soebarjo, artinya para pengusaha mulai mau memindah gudangnya kepinggiran,” ujar Camat Banjarmasin Selatan Kasman, kepada wartawan.

Menurutnya, banguman gudang yang ada sekarang di jalan Gubernur Soebarjo sudah berdiri sebanyak 90 buah gudang.
“Ini akan terus bertambah lagi karena cukup banyak lagi yang membeli lahan di wilayah itu mengajukan izin membangun gudang kepada kita,” tuturnya.

Sejauh ini, kata Kasman, sudah 18 investor yang mengajukan izin membangun gudang di jalan Gubernur Soebarjo itu, bahkan ada yang ingin bangun gudang puluhan pintu. “Ada satu investor mau bangun gudang sebanyak 29 pintu,” beritahunya.

Dia pun menyatakan, pengusaha lainnya yang berencana pindah gudang dari dalam kota kedaerah pinggiran tak perlu risau kehabisan lahan, sebab masih banyak lagi lahan di daerah itu yang masih kosong, yakni dari Jembatan Basirih hingga luar kota di jalan tol Lingkar Selatan itu. “Kita perkirakan 4 kilometer,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, katanya, kebijakan Pemkot menuntut pergudangan di tengah kota pindah kedaerah pinggiran ini bertujuan mengurangi aktivitas truk besar masuk kota demi kelancaran arus lalulintas. “Dan ini juga bersandar pada Perda Tata Ruang Wilayah yang mengharuskan kini pergudangan mulai 2013 nanti berada di luar kota,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui pula, Pemkot sejak saat ini juga sudah menyetop pengajuan perpanjangan izin gudang di tengah kota, yang masuk pada BP2TPM.

Namun Disperindag Kota Banjarmasin mendapati di lapangan alih fungsi bangunan roko yang sebenarnya bukan untuk gudang menjadi gudang penampungan marak terjadi. “Dan ini sudah kita beri peringatan, termasuk gudang di tengah kota sudah kita surati untuk pindah kepinggiran kota,” kata Kadisperindag Kota Banjarmasin Safri Azmi. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: