Skip to content

Pemkot Batalkan Bangun Jalan Kesungai Jelai

October 12, 2012

BANJARMASIN, MK- Pemkot Banjarmasin membatalkan janji membangunkan inspratruktur jalan ke Sungai Jelai, sebuah desa terisolir di kelurahan Mantuil Banjarmasin Selatan karena tidak ada jalan darat, tahun ini.

Padahal sudah jelas terexpose bahwa Pemkot akan menggandeng TNI pada program Karya Bakti TNI Terpadu (KBTT) untuk membangun jalan di sana yang di mulai Oktober ini, yakni, melalui dana hibah Rp 700 juta dari APBD Perubahan ini. Apa yang menjadi alasan Pemkot membatalkannya?

Kapala Badan Keuangan dan Aset Daerah Pemkot Banjarmasin Madyan Msi mengatakan, Pemkot baru mengetahui, kalau proses penghibahan dananya bisa  menyalahi aturan. “Setelah kita konsultasikan kepada pihak Departemen Keuangan, bahwa pihak pelaksana proyek itu, tidak boleh pihak yang sama dalam dua kali pencairan,” jelasnya kepada wartawan, kemarin.

Oleh kenapa? tutur Madyan,  berdasarkan Peraturan Nomor 3 Tahun 2011, salah satunya
disebutkan bahwa, proses penyaluran dana hibah pemerintah tidak diperkenankan dilakukan kepada pihak yang sama, dalam dua kali penyaluran. “Sehingga, karena pihak TNI AD tahun lalu sudah menerima program yang sama, maka tahun ini tidak bisa lagi,” imbuhnya.

Pada tahun 2011 tadi jelas Madyan, pihak TNI AD telah menerima penyaluran dana serupa, pada proyek pembangunan jalan di kawasan Jl Geriliya Kelayan B Banjarmasin. Karena alasan itu, maka program pembangunan di Jl Simpang Sungai Jelai Banjarmasin harus dibatalkan.

Madyan mengakui, Pemkot dan TNI telah melakukan penjajakan dan proses peninjauan kelokasi itu. Bahkan pihak masyarakat juga menyambut baik rencana pembangunan tersebut, karena bisa membuka akses jalan baru kewilayah mereka yang sudah sejak lama tak tersentuh inspratruktur. “Tetapi bukan berarti tidak jadi, kita tunda pada tahun 2013 nanti,” janjinya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Banjarmasin memberikan angin segar untuk masyarakat Sungai Jelai yang hingga umur Kemerdekaan RI yang ke-67 tahun ini belum tersentuh pembangunan inspratruktur, akan secepatnya membangunkan inspratruktur jalan darat kewilayah mereka agar tidak menjadi daerah terpencil atau terisolir lagi.

Dan pembangunan percepatan jalan itu, Pemkot bekerjasama dengan TNI Kodim 1007 Banjarmasin. Pihak TNI menjanjikan membantu mempercepat pembangunan jalan sepanjang 1,5 KM ditambah pembangunan 9 buah jembatan kecil, hanya butuh waktu satu bulan.(sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: