Skip to content
Tags

Perlahan Menuntut Pergudangan Pindah

October 12, 2012

BANJARMASIN, MK- Langkan Pemkot menuntut pindah keberadaan pergudangan besar di tengah kota ke jalan wilayah Basirih di jalan Gubernur Sorharjo Banjarmasin Selatan, diakui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin Safri Azmi sudah ada kemajuan walaupun berjalan secara perlahan.

Gambar

Kenapa demikian, katanya, karena Pemkot tidak bisa memaksa serta merta pergudangan di tengah kota harus pindah secara menyelurut, oleh karena  masih ada sebagiannya memiliki izin resmi dari Pemkot. “Terkecuali izinnya sudah habis, maka tidak kita beri perpanjangan lagi, baru ditekan untuk pindah kepinggiran kota tadi,” ujar Azmi kepada wartawan, Rabu (10/10).

Bahkan kebijakan Pemkot menyetop izin perpanjangan gudang di tengah kota ini, sudah disadari para pemilik gudang di tengah kota. Makanya, kini sudah mulai cukup banyak yang  membangun gudang di jalan Gubernur Soeharjo. “Berjalan alami sesuai ketentuannya saja, Pemkot tak patut juga memaksakan,” ungkapnya.

Dia menyatakan, adanya  aktivitas pergudangan besar di tengah kota pada kondisi Banjarmasin sudah sangat padat saat ini, memang menjadi penyebab kemacetan arus lalulintas, terutama saat melakukan aktivitas bongkar muat di pinggiran jalan, damikian juga keluhan pengguna jalan terhadap  truk-truk besar masuk mengantar barang melewati kepadatan jalan kota.

Menurut Azmi, dari pencatatan yang pihaknya lakukan terhadap pergudangan di tengah kita ini hanya sekitar 46 gudang yang mengantongi izin resmi. Selainnya, cukup banyak juga alih fungsi bangunan ruko menjadi tempat gudang.

“Dan semuanya sekitar 90 pemilik gudang sudah kita kirimi surat untuk secepatnya mereka memikirkan pindah gudang kewilayah pinggiran,” aku Azmi.

Sebagaimana diketahui, di wilayah khusus yang ditetapkan menjadi wilayah pergudangan di jalan Gubernur Soebarjo Basirih Lingkar Selatan, kini mulai banyak dibangun pergudangan, bahkan menurut Camat Banjarmasin Selatan Kasman, sudah ada 90 fudang di wilayah itu berdiri. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: