Skip to content

Pulau Insan Dapat Dana Stimulan Rp 1 M

October 12, 2012

BANJARMASIN, MK- Untuk menggenjot Pemkot Banjarmasin secepatnya mengembangkan wilayah Pulau Insan di Zafri Zamzam, sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH), Pemerintah Pusat memberikan dana stimulan atau dana perangsang Rp 1 miliar tahun ini.

Demikian yang diungkapkan Kepala Dinas Tata Ruang, Cipta Karya, dan Perumahan Pemkot Banjarmasin Ir Fanani Syaifuddin, kepada wartawan kemarin di Balaikota Banjarmasin. “Dana stimulan Rp 1 miliar dari pusat itu akan kita manfaatkan semaksimal mungkin tahun ini juga,” ujarnya.

Dikatakan Fanani, Pulau Insan akan dijadikan Pemkot sebagai salah satu kawasan strategis di kota ini, yakni, tempat sosial budaya, RTH yang dikelilingi kawasan sungai.

Rencananya, tutur Fanani, kawasan Pulau Insan itu akan disulap menjadi sebuah taman rekreasi dan dilengkapi berbagai fasilitas lainnya sebagaimana tempat publik. “Sekalian memberikan wisata alam dan air juga nantinya disana,” imbuhnya.

Sebab, katanya, Pemkot sudah merancang kawasan sungai di sana nantinya menjadi duplikat pasar Terapung di Sungai Kuin. “Lama sudah direncanakan membuat Pasar Terapung buatan di Sungai Zafri Zamzam itu,” ungkap Fanani.

Bahkan instansi terkait lainnya, seperti Dinas Sumberdaya Air dan Drainase mulai membersihkan dan menyiring aliran sungai di sana, dan Dinas Pariwisata berencana memanfaatkan eks bangunan Rumdin Walikota itu sebagai bangunan sebaguna. Dan ini direncanakan realisasinya pada 2013.
”Kalau rencananya nanti akan menjadi gedung center kegiatan masyarakat. Akan jadi gedung serba guna untuk kota Banjarmasin,” ujarnya.
           
Dikatakan Kepala Dinas Sumberdaya Air dan Drainase Ir Muryanta, bahwa kawasan Zafri Zamzam dan sungainya terus di lestarikan untuk dijadikan RTH, karena untuk mempertahankannya sebagai daerah resapan air. “Makanya, sungai Zafri Zamzam itu masuk dalam program normalisasi sungai,” ucapnya.

Karenanya, kata Muryanta, beberapa bangunan Pemkot yang berada di bantaran sungai itu akan dipindah, seperti Kantor Kecamatan Banjarmasin Tengah Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin, dan sebuah bangunan puskesmas di sana. “Semuanya dipindah kedaerah lain demi terciptanya aliran sungai di sana,” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: