Skip to content
Tags

Pengganggu Arus Sungai, Pastinya Diratakan

October 15, 2012
 
BANJARMASIN, MK- Pemkot Banjarmasin mulai berani mengambil sikap tegas, dan menebar ancaman meratakan bangunan yang berada di atas sungai dan mengganggu arus sungai.
Kepala Dinas Sumberdaya Air dan Drainase Kota Banjarmasin Ir Muryanta menyatakan hal itu. Karena menurutnya, sudah jelas dalam peraturannya, setiap bangunan warga dilarang menutupi arus sungai, sebab bisa mengakibatkan sungai mati.
Dikatakannya, bahwa langkah Pemkot menjalankan program normalisasi dan revitalisasi sungai menekankan agar sungai bisa kembali berfungsi mengalir maksimal. “Jadi kalau ada bangunan warga yang mengganggunya, pastinya Pemkot akan bertindak tegas, “bongkar”,” tuturnya.  
Dalam hal ini, ucap Muryanta, Pemkot tidak banyak kompromi, setiap bangunan yang dinilai menghambat dalam proses normalisasi dan revitalisasi sungai pastinya dibongkar. “Mau contoh, itu bangunan warga yang menutupi sungai Veteran dan Jafri Zam-zam, semuanya akan dibersihkan,” sebutnya.
Dikatakan Muryanta, kendati belum bisa dikatakan bersih seratus persen dari bangunan, namun upaya yang sudah dilakukan mulai dapat dirasakan manfaatnya. Sebab, jika sebelumnya sungai sering tertutupi oleh bangunan, sekarang sudah mulai terlihat kembali. “Yang penting dilakukan bertahap, tidak bisa sekaligus,” tekannya.
Sementara, terkait kondisi pasca pembongkaran dan pembersihan lokasi bantaran dan badan sungai yang sudah dilakukan, Muryanta mengakui, memang sulit untuk melarang warga atau pemilik bangunan diseberangnya mendirikan jembatan yang teratur, sebagaimana yang terlihat di sungai Veteran itu.
Muryanta mengklaim bukan kewenangan dari dinasnya menertibkan semua itu, sebab pihaknya hanya bisa mengeluarkan teguran. “Kan yang menegakkan Perda dan izin pembangunan ada di SKPD lainnya, juga tim penertiban yang akan dibentuk nanti,” bebernya.(sukarli)
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: