Skip to content
Tags

Rp 11,5 M Untuk Pelra di Basirih

October 15, 2012
BANJARMASIN, MK- Pemkot Banjarmasin menggelontorkan dana besar untuk perbaikan inspratruktur menuju pelabuhan Pelayaran Rakyat (Pelra) di Basirih. Yakni, sebesar Rp 11,5 miliar pada 2012 ini.  
 
Menurut Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin M Amin MT, anggaran disetujui melalui pembahasan APBD Perubahan tadi. “Sekarang Pemkot tinggal melaksanakannnya saja lagi,” ujarnya kepada wartawan.
 
Dikatakannya, perbaikan inspratruktur yang didanai APBD itu termasuk 3 jembatan yang cukup besar anggaran perbaikannya yang harus dikeluarkan Pemkot.
 
Sementara itu untuk perbaikan dan pengaspalan inspratruktur jalan kewilayah itu, papar Amin, panjangnya hanya sekitar 1 kilometer.
 
“Anggaran Rp 11,5 miliar itu dibagi, yakni untuk jalan yang panjangnya 1 kilometer tadi sebesar Rp 1,5 Miliar. Sedangkan tiga buah jembatan dalam satu paket pengerjaannya senilai Rp 10 miliar, karena dibangun permenen dan lebih lebar menyesuaikan jalannya,” terang Amin.
 
Menurut Amin, pembangunan infrastruktur ini diharapkan berdampak pada perekonomi kerakyatan, terutama masyarakat yang mencari sumber penghasilannya melalui pelabuhan itu.
 
Demikian juga, kata Amin, Banjarmasin yang dikenal ‘pintu gerbangnya Kalsel’ ini bisa memiliki pelabuhan Pelayaran Rakyat yang mempuni tidak kalah dengan daerah lainnya.  
 
Tapi ada harapan Pemkot kedepannya, imbuh Amin, tidak hanya pelabuhan Perla Basirih saja yang dikembangkan lebih baik, namun pelabuhan Trisakti atau pelabuhan Marla (Pelabuhan Martapura Lama) juga dapat dibenahi sebaik mungkin nantinya, sebab masuk ikon kota ini.
 
Untuk Pelabuhan Marla, ungkap Amin, Pemkot dengan PT Pelindo III Banjarmasin sebagai pemilik lahan sudah bersepakat memberikan kesempatan bagi investor swasta yang hendak mengembangkan pelabuhan tersebut.
 
Sesuai perencanaannya, kata Amin, pelabuhan Marla yang letaknya tidak jauh dari Balaikota Banjarmasin itu akan dijadikan pusat SOHO (shooping, Office dan Home). “Sekalin menata pelabuhan itu agar tidak terlihat kumuh dan semraut lagi,” pungkasnya. (sukarli)
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: