Skip to content

Satpol PP Tertibkan Pedagang di Pagi Buta

October 15, 2012

BANJARMASIN, MK– Jajaran petugas Satpol PP Kota Banjarmasin kini terlalu bersemangat untuk menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang mereka anggap melanggar peraturan berjualan di tempat atau di pinggiran jalan raya masuk badan jalan. Bahkan Senin (15/10) kemarin, waktu masih menunjukkan pukul 04.00 Wita (pagi buta) mereka sudah bertugas turun kejalan.

Ada tiga lokasi yang mereka sisir, kawasan Cempaka Besar (Depan Puskesmas Cempaka), depan Pasar Kalindo (Belitung) dan Jalan A Yani. Dalam aksi itu, para petugas satpol PP menyita lapak PKL yang ditinggal begitu saja oleh pedagang. Operasi penyitaan ini dipimpin langsung Kepala Satpol PP, H Ichwan Norkhaliq.

Ichwan beralasan, oprasi penertiban subuh ini pihaknya lakukan agar  tidak mengganggu aktivitas pengguna jalan. “Kalau subuh-subuh itukan belum terlalu ramai jalanan, jadi kita lebih leluasa bertindak,” ungkapnya kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, penyisiran awalnya pihaknya lakukan di kawasan jalan Cempaka atau di depan Puskesmas Cempaka, di sana ada sejumlah warung yang menyalahi aturan keberadaannya, yakni, di samping bangunan milik pemerintah dan jalan umum. “Dulu pernah juga sudah kita tertibkan, tapi rupanya mereka kembali lagi, terpaksa kita kembali tertibkan,” ujarnya.

Sama halnya di di Pasar Kalindo sejumlah lapak berada di atas jembatan dan bahu jalan, terpaksa pihaknya pindahkan/digeser karena di sekitar kawasan tersebut memang tidak dibolehkan. “Sebab dalam aturannya pada PKL tidak boleh berjualan di atas jembatan,“ jelasnya.

Sedangkan di lokasi di jalan A Yani, pihaknya membersihkan lahap PKL yang masih berserakan di pinggir jalan, apalagi dalam aturannya di jalan besar tersebut memang tidak boleh ada aktivitas berjualan atau PKL.

Diungkapkan Ichwan, penertiban lapak PKL ini memang sengaja dilakukan pagi buta untuk menghindari terjadinya kericuhan atau aksi perlawanan juga dari PKL yang keberatan. Apalagi belum lama ini sempat terjadi kericuhan ketika melakukan penertiban di Pasar Sudimampir tadi. “Selain itu penertiban juga dilakukan karena selama ini untuk PKL A yani memang sulit dilakukan, “ bebernya.

Ichwan menegaskan, pihaknya terus komitmen menjalan tugas dan tanggungjawabnya. Sehingga jika memang ada PKL yang bandel, Satpol PP siap melakukan penertiban. Ke depan lagi, pihaknya akan terus mengawasi sejumlah bahu jalan umum yang sebenarnya sudah ditertibkan dilarang untuk berjualan. Seperti sepanjang jalan A Yani, simpang Ulin dll. (sukarli)

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: