Skip to content
Tags

DKP Sudah Siapkan Tim

October 31, 2012

Program Penertiban Buang Sampah

BANJARMASIN, MK- Pada 10 November 2012 ini, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Banjarmasin dituntut kometmennya mulai memberlakukan penertiban masyarakat buang sampah di TPS. Dan Kepala DKP Kota Banjarmasin drh H Rusmin Ardhaliwa mengklaim sudah memiliki tim yang menjalankan penegakan Perda No 21 tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah itu.  “Timnya adalah Dinas kebersihan, Satpol PP, pihak kecamatan, kelurahan, hingga RT,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (31/10) kemarin.

Dituturkannya, pada 10 November 2012 dalam perayaan Hari Tata Ruang Nasional, Pemkot akan serius menggalakkan masyarakat untuk cinta kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah lagi sembarangan dan bukan pada waktunya. “Dari itu, setiap TPS nantinya sudah akan mulai diawasi bahkan akan ada pula sejumlah petugas khusus yang berjaga,” ucapnya.

Dipaparkan Rusmin, rencana menempatkan sejumlah petugas di TPS ini sudah mulai disiapkan, bahkan rencananya lagi akan ada koordinasi intensif sebagai pemantapan para petugasnya itu sebelum hari H-nya dengan sejumlah instansi yang terlibat lainnya.

Sehingga, lanjutnya, program ini tinggal merealisasikannya saja lagi di lapangan dengan benar. “Satpol PP juga sudah menyatakan dukungannya, petugas mereka juga ikut mengawasi bahkan bisa menindak langsung di lapangan,” tuturnya.

Rusmin mengakui, bahwa keterlibatan Satpol PP tidak memtok jaga TPS, melainkan ditugaskan secara sembunyi mungkin dari jauh pengawasannya atau mobaile, bisa juga melakukan penyamaran tanpa seragam datang ke TPS-TPS yang di mana cukup rawan ada pelanggaran buang sampah.

“Sebabkan hanya 30 TPS yang disediakan sementara ini ada petugas khususnya, sementara puluhan lainya belum bisa terkontrol. Nah, mungkin di sana mereka bisa membantu,” paparnya.

Dia mengatakan, sanksi bagi pelanggar Perda no 21 tahun 2011 ini tidak bisa dianggap gampang masyarakat, sebab bisa dikenakan sanksi berupa kurungan 3 bulan dan denda sebanyak-banyaknya Rp 5 juta. “Sehingga kita himbau masyarakat patuhilah peraturan ini, sebab tujuannya untuk kenyamanan kita semua juga. Buanglah sampah pada tempatnya, dan ingat! Waktunya hanya boleh di malam hari,” ujarnya.

Rusmin menyatakan lagi, bahwa penerapan peraturan tertib membuang sampah pada tempat dan waktunya ini sesuai janji Pemkot setelah sarana tambahan kebersihan, yakni, 17 kontiner sampah dan 5 buah mobil katrol (truk sampah) sudah bisa dioprasikan.  “Rencananya tanggal 10 November ini launcheng “Banjarmasin Bersih” sekalin mengoprasikan tambahan alat kebersihan tadi,” ujarnya.

 

Menurutnya, jumlah TPS di Kota Banjarmasin saat ini sebanyak 76 buah TPS resmi, 17 buah TPS bkontiner, dan 24 buah TPS liar. “Kita masih bermasalah dengan jumlah sampah yang terus meningkat volume sampah yang mencapai 500 ton perharinya,” pungkas Rusmin. (sukarli)

 

 

 

 

 

   

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: