Skip to content

Banjarmasin Tuan Rumah Sanitasi

November 5, 2012

30 Lebih Kepala Daerah Dijadwalkan Hadir

BANJARMASIN, MK- Sosialisasi kegiatan sanitasi bantuan Negara Australi kepada Indonesia akan digelar di Banjarmasin, sekitar 30 kepala daerah di Indonesia, bahkan bisa lebih dijadwalkan hadir pada acara yang dihelat 7-8 Nomvember 2012 di Balaikota Banjarmasin.

Menurut Kepala Bappeda Kota Banjarmasin Ir H Nurul Fajar Desira Ces, catatan ada 150 tamu undangan dari pemerintah kabupaten/kota di Indonesia yang akan menjadi peserta dalam acara itu nantinya, lebih 30 peserta diantaranya bupati dan walikota yang hadir langsung tanpa mewakilkan.

“Sebab sosialisasi ini penting bagi daerah, untuk mencontoh program sanitasi bantuan Australia yang sudah berjalan dan berhasil di Banjarmasin,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Dikatakannya, bantuan berupa dana hibah untuk perbaikan sanitasi dari Pemerintah Australi ini memang tidak banyak berani diambil daerah lain, terkecuali Banjarmasin, sebab sistem pencairannya berbeda, kalau biasa dimuka, namun ini dibayarnya belakangan.

Seperti apa, jelasnya, dana berupa hibah itu diprogramkan sebuah daerah misalnya  untuk pembangunan sanitasi atau saluran air limbah, pemda setempat harus menganggarkannya lebih dulu lewat APBD-nya, sebagai dana talangan. Setelah program itu terlaksana, dana itu akan diganti Australia.

“Sistem inilah yang membuat daerah lain ragu karena menilainya cukup berisiko, tapi setelah melihat Banjarmasin dapat berhasil, akhirnya pemda lain berminat mencontohnya,” ucap Fajar.

Menurutnya, Banjarmasin melaksanakan program ini sejak 2011 dengan nilai bantuan sekitar Rp 10 miliar, yakni membuat sanitasi dan pembuangan air limbah di HKSN Kayu Tangi. “Rencananya peserta akan kita ajak melihat program kita yang sudah berhasil di HKSN itu nantinya,” ungkap Fajar.

Diterangkannya, sosialisasi yang langsung dihadiri jua perwakilan pemerintah Australia nanti, akan memaparkan bagaimana program itu bisa didapatkan daerah, sebab dana ini banyak terendap di Kementerian PU, karena bantuan Australia ini lewat kememterian itu. “Tentunya sayang kalau tidak diambil, sebab Banjarmasin sudah merasakan manfaatnya,” pungkas Fajar. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: