Skip to content

Siap-Siap, Jalan A Yani Ditutup

November 5, 2012
BANJARMASIN, MK- Jalan protokol A Yani dipastikan akan mengalami gangguan arus lalulintas lebih setahun. Yakni, dari KM 4,5 Simpang Empat Gatot Subroto hingga KM 3,5 depan Polresta Banjarmasin. Pasalnya, jalan itu akan ditutup sebagian karena akan ada pembangunan play over (jalan layang).  
Sehubungan makin dekatnya mega proyek itu dikerjakan pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, para pengendara diminta sedari sekarang sudah memilih-milih mencari jalan alternatif lainnya menghindari jalan itu kalau tidak ingin terjebak macet, baik hendak menuju arah keluar atau dalam kota.
Senin (5/11) pagi kemarin, anggota Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin bergabung dengan aparat Polresta Banjarmasin sudah melakukan simulasi pengaturan arus lalulintas di wilayah itu bagi pengendara. Yakni menutup beberapa ruas jalur jalan A Yani dari KM 4,5 Simpang Empat Gatot Subroto dan KM 3,5 depan Polresta Banjarmasin. Sebab, di atas sepanjang jalan itulah rencananya dibangun play over tersebut.
Kepala Dishubkominfo Kota Banjarmasin H Rusdiansyah membenarkan anggotanya ikut dengan aparat kepolisian dalam kegiatan simulasi penutupan sebagian jalan A Yani itu.
Menurutnya, hal ini dilakukan dalam rangka persiapan apabila sudah mulai dilakukannya proses pembangunan fisik play over itu, yang pastinya akan mengganggu sebagian jalan di sana karena dimanfaatkan untuk meletakkan matrial atau alat berat, dapat diatur semaksimal mungkin arus lalulintasnya hingga tetap bisa berjalan lancar tidak sebaliknya menjadi kemacetan parah.
“Sebab hari-hari biasa saja tanpa adanya ini jalan A Yani di sana memang kerap mengalami kemacetan, apalagi sudah ditutup sebagian jalur jalannya nanti. Kegiatan ini sebagai langkah pemberitahuan kepada pengguna jalan juga bahwa nantinya akan ada penutupan jalan di sini, seperti ini lo..,”  ujar Rusdiansyah kepada wartawan, kemarin.
Sebab, kata Rusdiansyah, pembangunan jalan layang itu diperkirakan memakan waktu cukup lama, bahkan kabarnya lebih setahun, dan sepanjang waktu itulah, jalur arus lalulintas di sana rawan kemacetan. “Kita belum mengetahui juga kapan pembangunannya di mulai,” akunya.
Ditambahkan Kabid Pengendalian dan Oprasional Dishubkominfo Kota Banjarmasin H Sholikin, bahwa banyak dampaknya dari penutupan sebagian jalan A Yani itu di KM 3,5 dan 4,5 itu kejalan A Yani di kilometer lainnya dari KM 1 hingga KM 6, utamanya di sejumlah lampu merah.
Memang, katanya, jalan A Yani itu tidak ditutup semuanya, tapi kemungkinan hanya satu jalur sebelah kanan dan kirinya saja yang dimanfaatkan sebagai parkir alat berat dan material. “Jadi bisa saja dilalui, tapi ya itu harus secara perlahan, karena akan banyak material dan alat berat yang parkir,” ucapnya.
Masyarakat, katanya, bisa menempuh jalan lain untuk masuk dan keluar kota tidak melalui jalan A Yani, yakni, jalan tol Lingkar Selatan, jalan Pramuka, Veteran, atau jalan tembus Pasir Mas. “Ya, pengguna jalan bisa memilih jalan mana saja lah, untuk menghindari kemacetan, tanpa melewati jalan A Yani KM 4,5 dan 3,5 itu,” pungkasnya. (sukarli)
 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: