Skip to content
Tags

Tunggu Sekda, Pembebasan Veteran Akan Beres

November 5, 2012

BANJARMASIN, MK- Pembebasan lahan di jalan Veteran atau bangunan warga yang menutupi sungai di sana belum kunjung tuntas. Pembebasan dengan tujuan normalisasi sungai itu ditarget bagi Tata Pemerintahan (Tapem) Sekdakot Banjarmasin beres tahun ini.

“Pembebasan lahan di Veteran kita tuntaskan tahun ini, ini kita sudah menyiapkan dana untuk pembayaran sisa bangunan yang belum diganti rugi, tapi kita tunggu Sekda dulu (Yang lagi menjalankan ibadah haji,red),” ujar Kabag Tapem Setdakot Banjarmasin Khairul Saleh, kepada wartawan.

Oleh karena, kata Khairul, pengeluaran dana itu harus dari tandatangan Sekda sebagai ketua tim pembebasan lahan pemkot. “Dana yang tersedia kurang lebih Rp 10 miliar,” paparnya.

Dia menegaskan, Pemkot tidak akan menunda atau bernegosiasi lagi mengenai pembebasan ini, dan akan menuntaskannya meski pun nantinya ada warga yang masih tidak setuju terkait harga yang sudah ditetapkan Pemkot.

Untuk trakhir kalinya,  Pemkot akan mengundang para warga nantinya, cuma satu tujuan saja lagi untuk mengumumkan berapa harga ganti rugi lahan dan bangunan warga masing-masingnya sesuai yang sudah ditetapkan Pemkot, sebagai mana petunjuk tim apresal independen.

“Jadi ketahuan nanti yang mana setuju dan yang masih belum setuju, jika demikian, jalan trakhir terpaksa uang ganti ruginya kita titipkan di pengadilan,” ucapnya.

Khairul mengungkapkan, ada sekitar 50 an bangunan lagi yang belum diganti rugi di sana, sejumlah itu belum dituntaskan pada pembebasan tahap 1 dan 2 lalu. “tahap selanjutnya ini kita target adalah tahap trakhir, harus beres tanpa ada sisa lagi,” tandasnya.

Sebagaimana yang sudah ditetapkan Pemkot, harga ganti rugi lahan di jalan Veteran, dengan pertimbangan wilayah jalur hijau, yakni, Rp 1,2 juta permeter perseginya, inipun bagi yang memiliki bukti kepemilikan lahan, bukan HGB, sebab dari sekitar 113 bangunan di sana berapa puluh persen diantaranya dengan bukti HGB mati. “Pemkot hanya memberi tali asih bagi yang punya bukti HGB mati, tapi tetap mengganti rugi nilai bangunannya,” imbuh Khairul. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: