Skip to content

Kesejahteraan Warga Kampung Wisata, Perlu Perhatian

November 7, 2012

BANJARMASIN, MK- Kota Banjarmasin memiliki kampung wisata, yakni Kampung Kuin di Banjarmasin Utara, dan potensi itu dianggap Camat Banjarmasin Utara Hj Siti Hapsyah belum sepenuhnya memberikan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Gambar

Camat perempuan kedua Banjarmasin itupun memiliki ide, wisatawan yang berkunjung kesana harus memanfaatkan jasa angkutan becak atau kelotok masyarakat, misalnya wisata religi Mesjid Sultan Suriansyah kemakamnya yang hanya berjarak kurang lebih 1 KM. “Tak perlu pake mobil lagi lah, bantu paman becak di sana, paling Rp 5 ribu sekali antar,” ujarnya.

Sehingga, katanya, perekonomian masyarakat kecil di sana bisa terbantu, dan memberikan manfaat akan adanya khazanah pariwisata yang kampungnya miliki.

Dengan demikian, katanya, masyarakat di sana akan merasa memiliki dan bisa menjaga potensi wisatanya dengan baik, karena mereka sudah mendapatkan dan merasakan mamfaatnya dengan adanya itu.

“Terus terang saja, selama ini tidak demikian,” aku Hapsyah.

Sehingga kalau tidak menjadi perhatian pemerintah, akan sulit berkembangnya kampung wisata itu karena kurang mendapat dukung masyarakat.

“Saya melihat, wisata relegi di makam mantan ibu negara, yakni, ibu Tin Suharto, sangat memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat sekitarnya,” ungkap Hapsyah.

Sementara itu, tuturnya, wisata relegi makam Sultan Suriansyah dan mesjid bersejarahnya ini, tak kalah menyedot pengunjung, hampir 500 orang perharinya.

“Belum lagi wisata pasar terapung, juga ada sejumlah kerajinan yang juga bisa memberikan wisata unik,” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: