Skip to content

Menteri Akan Resmikan 30 Bank Sampah Banjarmasin

November 7, 2012

BANJARMASIN, MK- Menteri Negara Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Banjarmasin pada 12-13 November ini. Salah satu kegiatan menteri kelahiran Tanah Papua itu akan meresmikan 30 bank sampah di “Kota 1.000 Sungai” ini.

Gambar

Demikian yang disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Banjarmasin H Hamdi, kepada wartawan, Rabu (7/11) kemarin. “Pak menteri akan datang ke Banjarmasin pada Senin (12/10) sore,” ujarnya.

Jadwal kegiatan Menteri LH, ungkapnya, pertama akan meresmikan 30 bank sampah yang kini sudah eksis di Banjarmasin, ini tersebar di seluruh kecamatanan. “Peresmian secara simbolisnya akan berpusat di lokasi bank sampah di komplek Mahligai,” ucapnya.

Menurutnya, bank-bank sampah ini perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah dalam hal ini menteri, karena dinilai eksistensinya cukup besar membantu penanggulangan sampah. “Sebab dengan berdiri banyak bank sampah ini, berarti kesadaran masyarakat sudah sangat tinggi terhadap kebersihan lingkungan, dan ini akan terus didorong agar terus bermunculan bank sampah-bank sampah lainnya,” terang Hamdi.

Adapun kegiatan Menteri LH yang selanjutnya, kata Hamdi, akan menghadiri launching “Gerakan Banjarmasin Cinta Bersih” di Balaikota Banjarmasin yang dicanangkan Pemkot Banjarmasin. “Dan ini akan resmi digaungkan Wakil Walikota Banjarmasin (Irwan Anshari) di hadapan pak menteri,” jelasnya.

Sebagai langkah nyatanya, tutur Hamdi, Pemkot Banjarmasin akan memberikan bantuan terhadap masing-masing kecamatan satu armada mobil pick up sampah.   

Keseriusan Pemkot ini, ujar Hamdi, tidak lepas dari gaung “Gerakan Indonesia Cinta Bersih” yang hendak dicanangkan pemerintah pusat.

Bahkan sebagai langkah keseriusan Pemkot itu, lanjut Hamdi, Walikota Banjarmasin H Muhidin dijadwalkan akan mengikuti undangan rapat kerja terkait “Gerakan Indonesia Cinta Bersih” ini yang dipimpin langsung Wakil Presiden RI Boediono beserta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

“Jadi intinya daerah kita sudah menyikapi pencanangan pemerintah pusat itu,” ucapnya.

Selain kegiatan itu, Menteri LH juga dijadwalkan melantik Asosiasi Duta Lingkungan Banjarmasin dan Komonitas Wartawan Banjarmasin Cinta Lingkungan (KW BCL). “Rencananya kita usahakan juga beliau akan memberikan kuliah di Fakultas Ekonnomi Unlam tentang Ekonomi Lingkungan. Selanjutnya, beliau pulang ke Jakarta,” pungkas Hamdi. (sukarli)    

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: