Skip to content
Tags

PD PAL Incar 25 M Bantuan Lembaga Donor

November 7, 2012

BANJARMASIN, MK- Setelah mendapatkan Rp 10 miliar, Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin kini kembali mengincar dana bantuan penanganan sanitasi Rp 25 miliar dari lembaga donor Australia.

Menurut Direktur Utama PD PAL Kota Banjarmasin Ir Muh Muhidin, sebanyak Rp 750 miliar dana yang disediakan lembaga donor Australia untuk penanganan sanitasi di Indonesia belum dimanfaatkan maksimal oleh kabupaten/kota, padahal dana tersebut sangat bermanfaat bagi perbaikan lingkungan.

“Soal perbaikan lingkungan ini, kita memang ta’jub,  banyak lagi lembaga donor dari negara maju di dunia yang
bersedia mengocorkan dana lebih besar lagi dari jumlah tersebut, bila pemerintah kabupaten/kota di Indonesia bersedia menangani sanitasi
dengan baik,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Masalahnya, kata Muhidin, berbagai negara di dunia berkepentingan dengan lingkungan di Indonesia yang dikenal sebagai paru-paru dunia, oleh karenanya semua berharap Indonesia bisa mengelola lingkungan dengan baik.
   
Menurutnya, Banjarmasin termasuk daerah yang sudah memanfaatkan dana lembaga donor sebesar Rp 10 miliar, untuk melakukan penyambungan jaringan pengelolaan air limbah cair, khususnya bagi warga yang berpenghasilan rendah.

“Jumlah sambungan jaringan pengelolaan air limbah cair PD Pal
Banjarmasin sekarang ini baru 5.000 sambungan dan sebagian memanfaatkan dana bantuan hibah dari lembaga donor Australia,” ucapnya.

Kedepannya, tuturnya, PD PAL mengincar lagi dana serupa dengan jumlah lebih besar, target Rp 25 miliar. “Sebab target kita jumlah sambungan pengelolaan air limbah cair rumah tangga bisa mencapai 15 ribu,” paparnya.
   
Muhidin mengakui, mengenai pemanfaatan dana lembaga donor inilah yang menjadi perhatian pemerintah kabupaten/kota di tanah air, khususnya cara menyampaikan permohonan atau proposal ke lembaga donor tersebut serta cara pengelolaan limbah cair itu sendiri.

“Inilah yang akan menjadi materi penting pada pertemuan 30 lebih kepala daerah di Banjarmasin pada 7-8 November (hari ini dan besok itu, red),” pungkasnya. (sukarli)

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: